Alternatif Pemerintah Selain Naikkan Harga BBM

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto. (Ist)

Jambi Seru – Berikut adalah rencana alternatif pemerintah selain berencana menaikkan harga BBM.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengungkapkan, pemerintah Indonesia saat ini tengah menyiapkan skema alternatif terkait harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diisukan akan mengalami kenaikan.

Dikutip dari Antara dilansir Suara.com (partner Jambiseru.com), Airlangga menyebutkan bahwa pemerintah telah menyiapkan beberapa alternatif terkait kenaikan harga BBM nantinya.

Bacaan Lainnya

“Tentu kita akan dalam waktu dekat akan dilaporkan ke Bapak Presiden,” jelas Airlangga, di Jakarta.

Beberapa waktu lalu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sinyal jika Presiden Joko Widodo akan mengumumkan kenaikan harga BBM.

Hal ini diungkapkan, karena Pemerintah tidak bisa untuk terus mempertahankan beberapa harga BBM yang sekarang, seperti solar dan pertalite.

“Pengumuman menunggu dari skenario yang diambil nanti,” tambah Airlangga.

Seperti yang diketahui, pada tahun 2022, Pemerintah telah mematok subsidi BBM sebesar Rp502,4 triliun yang terdiri dari subsidi energi sebesar Rp208,9 triliun dan kompensasi energi sebesar Rp293,5 trilin.

Sedangkan untuk saat inim subsidi pertalite yang tersisa hanya 6 juta kiloliter dari 23 kiloliter subsidi yang disepakati hingga akhir tahun 2022 nanti.

Jumlah ini diperkirakan akan habis pada bulan Oktober 2022 dan membutuhkan tambahan volume subsidi, termasuk juga subsidi untuk solar yang mengalami peningkatan.

Pos terkait