Piala Dunia 2022: Tuan Rumah Qatar Harus Takluk dari Ekuador 2-0

Para pemain Timnas Ekuador. (Suara.com)
Para pemain Timnas Ekuador. (Suara.com)

Jambi Seru – Timnas Ekuador berhasil mengalahkan tuan rumah Qatar dengan skor 2-0 dalam matchday pertama Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor, Doha, Minggu (20/11/2022) malam WIB.

Ekuador tampil begitu dominan dalam laga ini. Selain menang dengan catatan nirbobol, tim asuhan Gustavo Alfaro juga memaksa Qatar gagal mencatatkan satu pun tembakkan tepat sasaran sebagaimana statistik di laman resmi FIFA.

Dilansir dari laman Suara.com (Media Partner Jambiseru.com) dengan judul awal “Hasil Qatar vs Ekuador di Piala Dunia 2022: Brace Enner Valencia Menangkan La Tri 2-0” dua gol Ekuador dalam laga ini dicetak striker Enner Valencia. Dia mencetak brace lewat tembakkan penalti pada menit ke-15 dan sundulan apik pada menit ke-31.

Bacaan Lainnya

Hasil ini membuat Ekuador untuk sementara memuncaki klasemen Grup A Piala Dunia 2022 dengan koleksi tiga poin dari satu lag. Sementara itu, Qatar terbenam di dasar klasemen.

La Tri, julukan Timnas Ekuador tampil begitu dominan dalam laga ini. Mereka bahkan sudah mencetak gol ketika pertandingan baru berjalan empat menit melalui sundulan Enner Valencia yang memanfaatkan sekelumit di kotak penalti Qatar.

Valencia memasukkan bola ke belakang gawang menyusul kesalahan besar yang dilakukan Al Sheeb yang gagal meninju umpan silang sederhana ke dalam kotak jauh dari bahaya.

Namun, gol tersebut dianulir karena dalam prosesnya salah satu pemain Ekuador dianggap offside oleh video assistant referee (VAR).

Keputusan wasit terkesan sangat kontroversial lantaran tidak tampak bahwa posisi Enner Valencia saat melakukan sundulan berada di belakang barisan pemain Qatar.

Namun, melalui tayangan ulang dan ulasan 3D (tiga dimensi) teknologi offside semi-otomatis, striker Ekuador Michael Estrada terlihat sudah dalam posisi offside sebelum Valencia mencetak gol.

Hanya butuh 12 menit kemudian untuk Ekuador benar-benar mencetak gol pembuka di laga ini. Enner Valencia mencatatkan namanya setlah sukses mengonversi tendangan penalti.

Ekuador mendapat penalti setelah Valencia yang menggiring bola di dalam kotak terlarang, dijegal oleh kiper Saad Al Sheeb. Dari tayangan ulang, tangan penjaga gawang menahan kaki sang striker tanpa menyentuh bola.

La Tri hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-20. Pervis Estupinan mengirim umpan lambung dari sisi kiri sebelum disambut sundulan Michael Estrada yang sayangnya masih melambung di muka gawang.

Ekuador terus melakukan tekanan selepas itu. Qatar tak banyak diberi kesempatan untuk sekedar membangun serangan.

Pada menit ke-31, Ekuador menggandakan keunggulan. Gol lagi-lagi dicetak striker sekaligus kapten mereka, Enner Valencia.

Valencia mencetak brace setelah memanfaatkan umpan silang Angelo Preciado dari sisi kanan untuk diakhiri dengan sundulan akurat ke pojok kiri bawah gawang Qatar. Skor 2-0 itu pun bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Ekuador mendapat peluang emas pada menit ke-55. Michael Estrada mendapat kesempatan untuk menembak di luar kotak penalti tetapi sepakannya masih bisa ditepis kiper Al Sheeb.

Pada menit ke-62, Qatar coba membangun serangan. Umpan jarak jauh Abdelkarim Hassan disambut sundulan Pedro Miguel tetapi bola cuma bergulir di sisi kiri gawang Ekuador.

Ekuador terus tampil dominan dalam laga ini dengan Qatar beberapa kali coba melakukan serangan yang selalu gagal. Skor 2-0 pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. (fok/Suara.com)

Pos terkait