Wakil Ketua Komisi II DPR Ingin Perpanjangan Masa Jabatan Kades Diiringi Peningkatan SDM

Masa Jabatan Kades
Seorang kades sedang berorasi. Perpanjangan masa jabatan kades tengah menjadi sorotan. (ANTARA)

Jambi Seru – Rencana perpanjangan masa jabatan Kepala Desa (Kades) tengah menjadi sorotan. Menurut Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Yanuar Prihatin, sebaiknya perpanjangan masa jabatan kades diiringi dengan peningkatan SDM atau kualitas apratur desa.

Apalagi menurutnya, perpanjangan masa jabatan kades ini cukup lama, yaitu dari enam tahun menjadi sembilan tahun.

“Perpanjangan jabatan kepala desa harus diikuti dengan langkah nyata Pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas aparatur desa,” kata Yanuar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (21/1/2023) seperti dikutip dari laman kantor berita pemerintah, ANTARA.

Bacaan Lainnya

Dia menilai kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi problem terbesar di pemerintahan desa saat ini, di luar wacana perpanjangan masa jabatan kades yang kini sedang bergulir.

“Kita harus serius menata sistem yang kokoh untuk membangun kualitas manusia di desa. Sayangnya, Pemerintah tidak cukup serius tentang soal ini,” imbuhnya.

Menurut dia, kucuran dana desa yang besar melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) selama ini tidak diimbangi dengan program sistematis dan fokus dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk membangun kualitas aparatur desa.

Akibatnya, lanjut dia, dana desa secara umum belum mempercepat pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa karena cara pandang kepala desa maupun perangkat desa lebih tertuju pada pembangunan infrastruktur fisik.

Pos terkait

banner pln