Ketua MPR Beri Bantuan ke Jurnalis

Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Suara.com/Umay Saleh)
Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Istimewa)

Ketua MPR Beri Bantuan ke Jurnalis

JAMBISERU.COM – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan bantuan berupa ratusan paket sembako, ratusan dus mi instan, ratusan ekor ayam beku, 1 dus vitamin, dan 2 dus pembersih tangan kepada para jurnalis.

Bamsoet memberikan bantuan tersebut bersama Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad. Bantuan diberikan melalui Posko Peduli Jurnalis yang diterima langsung Ketua Gerakan Peduli Jurnalis Andy Arief, Sabtu (16/5).

Bacaan Lainnya

Baca JugaKapolres Merangin Salurkan Bantuan Melalui IWO

“Sama seperti dokter atau tenaga medis, wartawan merupakan salah satu profesi yang rentan terpapar virus COVID-19. Pada saat orang lain bisa bekerja dari rumah, wartawan harus tetap berkeliling dan bertemu banyak orang untuk dapat menyajikan berita yang akurat kepada masyarakat,” kata Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, dilansir Antara, Minggu.

Namun, di sisi lain banyak wartawan yang gajinya dipotong oleh perusahaan tempatnya bekerja karena terdampak pandemi COVID-19.

Bamsoet mengingatkan para wartawan memiliki kewajiban untuk menyampaikan berita akurat terkait dengan perkembangan pandemi COVID-19 dan penyebaran segala informasi hoaks harus dihentikan.

“Saat ini informasi mengenai COVID-19 menjadi informasi yang sensitif dan rawan menyulut kepanikan di tengah masyarakat. Oleh karena itu, segala bentuk penyebaran informasi hoaks sangat tidak dibenarkan dan menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menangkal serta tidak menyebarkan informasi hoaks,” ujarnya.

Bamsoet menyayangkan tren penyebaran berita hoaks yang terus meningkat. Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika, hingga akhir bulan April 2020 berita hoaks terkait dengan pandemi COVID-19 sudah lebih dari 600 berita.

Ia menilai penyebaran berita hoaks pandemi COVID-19 harus dihentikan. Dalam hal ini aparat penegak hukum harus mengusut dan menindak tegas penyebarnya.

Baca JugaWako AJB Pantau Langsung Proses Penjemputan Warga Reaktif Covid 19

Politikus Partai Golkar itu meminta pemerintah pusat dan daerah juga harus lebih intens mengedukasi masyarakat mengenai informasi COVID-19 serta menjaga komunikasi publik yang komprehensif untuk menangkal berita hoaks yang terus beredar.

Gerakan Peduli Jurnalis diinisiasi sejumlah wartawan hiburan untuk menghimpun bantuan yang disalurkan kepada wartawan mandiri, khususnya yang meliput dunia hiburan. (put)

Pos terkait