Kabupaten-Kota Harus Lakukan Rapid Test Masal, Johansyah : PCR Lengkap, Kita Bisa Lakukan Uji Swab Mandiri

Jubir tim gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah. Foto: Uda/Jambiseru.com
Jubir tim gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah.Foto: Uda/Jambiseru.com

Kabupaten-Kota Harus Lakukan Rapid Test Masal, Johansyah : PCR Lengkap, Kita Bisa Lakukan Uji Swab Mandiri

JAMBISERU.COM – Satuan tugas penanganan Covid-19 Jambi, melalui Juru bicara (Jubir) Johansyah, mengharapkan, Tim gugus tugas Covid-19 yang berada di Kabupaten Kota bisa melakukan rapid tes massal. Untuk memutuskan mata rantai Covid-19.

Baca JugaSatgas Covid-19 Jambi Lakukan Rapid Tes Massal, 32 Orang Negatif

Bacaan Lainnya

“Kita harapkan, tim gugus tugas kabupaten kota untuk melakukan rapid tes massal masif. Seperti Merangin, Kota Jambi, Sungai Penuh sudah dilakukan. Kabupaten Kota lain harus seperti itu,” ujarnya.

Johansyah menambahkan, Alat PCR untuk menentukan pasien positif sudah ada di Jambi. Dan akan tempatkan di Universitas Jambi (Unja) di fakultas kesehatan masyarat. Namum, alat PCR itu masih perlu dukungan lain lagi dan itu masih ditunggu kedatangannya dari Pemerintah Pusat.

“Upayanya, alat pcr harus ada dukungan pembantu, seperti biosel labor, itu yang kita tunggu dari pusat, dan belum sampai, dalam beberapa hari ini akan sampai, karena surat yang kita ajukan ke pusat sudah kita minta,” tambahnya.

Johansyah, berharap, dengan lengkapnya alat PCR nanti, mudah-mudahan Pemerintah Provinsi Jambi bisa melakukan uji swabnya di laboratorium Provinsi Jambi.

Baca JugaPutus Mata Rantai Covid-19, Satgas Provinsi Jambi Lakukan Disinfektan dan Rapid Test Masal

“Kalo memang ini bisa cepat dijalankan, kita bisa cepat mengantisipasi hasil uji PCR itu. Karena yang sudah kita lakukan alat lengkap, nanti tim Kesehatan dari Pusat akan meneliti kelayakan dari uji swab yang akan kita lakukan itu, nanti akan keluar izin dari Kemenkes nanti baru kita akan operasional uji pcr di Provinsi Jambi,” tutupnya. (yog)

Pos terkait