Pilpres 2024 Diharapkan Muhammadiyah Tidak Pecah Belah Umat

Ilustrasi Pemilu 2024
Ilustrasi Pemilu 2024

BANDUNG, Jambiseru.com – Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 diharapkan Muhammadiyah tidak pecah belah umat. Harapan tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris PW Muhammadiyah Jabar, Iu Rusliana.

Dikatakannya, jika momen Tahun Baru Islam 1445 Hijriah dapat menguatkan ukhuwah menjelang kontestasi politik. Karena Pilpres 2024 sudah tidak lama lagi dan sudah sangat terasa.

Urusan politik, bagi Muhammadiyah merupakan urusan muamalah. Sehingga harus disikapi dengan baik.

Bacaan Lainnya

“Jadi sikapi (Pilpres 2024) dengan biasa saja. Berpikir jernih dan hindari terjebak dalam hoaks yang menyebabkan perpecahan antarumat karena perbedaan dukungan politik. Hanya karena perbedaan sikap politik, banyak yang terpecah. Mari dewasa dalam berpolitik, gunakan hak politik dengan baik,” kata Sekretaris PW Muhammadiyah Jabar, Rabu (19/7/2023).

Iu Rusliana mengajak masyarakat mejadi pemilih cerdas, teliti, pelajari visi misi, program, dan kemungkinan realisasi program. Lihat manfaat dan mudharatnya bagi umat dan bangsa.

“Tak hanya pemilihan presiden, akan ada pemilihan DPR, DPRD, DPD dan pemilihan kepala daerah. Sikap dewasa berpolitik di kalangan umat sangat dibutuhkan. Dukungan politik dan sikap politik aktif sangat diperlukan, namun jangan karena perbedaan, saling menafikan dan menghinakan,” ujar Iu Rusliana.

Sekretaris PW Muhammadiyah Jabar juga mengajak umat Islam untuk melakukan refleksi bersama terkait pencapaian dan kemajuan umat Islam di Indonesia, khususnya di Jawa Barat. Harus diakui, umat Islam masih banyak tertinggal, khususnya di bidang pendidikan, sosial, dan ekonomi.

“Dengan ilmu, manusia mendapatkan panduan, cahaya, keluar dari kebodohan dan kemiskinan,” tutur dia.

Pos terkait