Pemerintah China Luncurkan 200 Pesawat Luar Angkasa Tahun Ini

Ilustrasi pesawat luar angkasa
Ilustrasi pesawat luar angkasa

Jambi Seru – Pemerintah China berencana luncurkan 200 lebih pesawat luar angkasa tahun ini. Peluncuran pesawat luar angkasa tersebut akan dilakukan oleh China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC).

Peluncuraan 200 pesawat luar angkasa ini dilakukan untuk menyelesaikan 60 misi luar angkasa. Kabar tersebut disampaikan melalui laporan pihak perusahaan yang dirilis pada Rabu (18/1/2023).

Dalam lLaporan CASC tersebut, terungkap jika ada sejumlah rencana kegiatan ilmu pengetahuan dan teknologi antariksa China pada 2023.

Bacaan Lainnya

Mengutip dari laman kantor berita pemerintah, ANTARA, masih berasarkan laporan itu, disebutkan kalau misi penerbangan pesawat kargo Tianzhou-6, Shenzhou-16, dan Shenzhou-17 akan berlangsung dalam tahun ini guna meningkatkan kemampuan China dalam memasuki, menggunakan, dan menjelajahi luar angkasa.

Sistem Satelit Navigasi BeiDou-3 akan menyaksikan peluncuran tiga satelit cadangan, menurut CASC. Laporan itu menambahkan bahwa pembangunan sistem satelit penginderaan jarak jauh komersial generasi baru akan dipercepat tahun ini.

Perusahaan tersebut juga berjanji untuk merilis informasi tentang surplus kapasitas pembawa roket dan memberikan peluang peluncuran kepada pengguna komersial.

Pada 2023, CASC akan secara komprehensif mendorong fase keempat eksplorasi bulan dan eksplorasi planet, serta mengembangkan wahana penjelajah Bulan Chang’e-7, wahana penjelajah Mars Tianwen-2, serta satelit pendeteksi gelombang mikro-orbit stasioner.

Roket pengangkut Long March-6C akan melakukan penerbangan perdananya pada 2023, sementara seri roket pengangkut Long March diperkirakan akan melampaui 500 peluncuran secara keseluruhan, kata laporan CASC. (tra)

Pos terkait