Di Tebo Tak Ada Protokol Khusus Penyembelihan Hewan Qurban

Cegah PMK pada Ternak
Ilustrasi Hewan Kurban Hari Raya Idul Adha. Foto : Istimewa

Di Tebo Tak Ada Protokol Khusus Penyembelihan Hewan Qurban

JAMBISERU.COM, Tebo – Menghadapi hari raya qurban idul Adha nanti, Dinas Perkebunan, Perikanan dan Peternakan (Disbunkannak) Kabupaten Tebo tidak mengeluarkan Protokoler khusus penyembelihan hewan qurban. Proses penyembelihan hewan, masih dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Baca JugaSetahun Terlibat Prostitusi, Hana Hanifah Minta Maaf 

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Disbunkannak Tebo, Casdari.

“Memang ini adalah hari raya qurban pertama kali ditengah pendemi Covid-19 ini, tapi kami tidak mengeluarkan Protokoler khusus terkait penyembelihan hewan qurban, dan masyarakat diperbolehkan untuk menyembelih sendiri hewan qurbannya,”ujar Casdari saat dikonfirmasi.

Namun menurut Casdari dirinya tetap menghimbau kepada masyarakat, sebelum melakukan penyembelihan, terlebih dahulu untuk memeriksa kesehatan hewan yang akan disembelih.

“Sesuai dengan syariat Islam, hewan yang hendak disembelih selain harus cukup umurnya, juga harus sehat dan tidak cacat, makanya saya menghimbau kepada masyarakat agar memeriksa kesehatan hewan qurbannya sebelum disembelih,”tutur Casdari lagi.

Ketika ditanyakan kepadanya apakah untuk memeriksa kesehatan hewan qurbannya, masyarakat akan dipungut biaya nantinya, dengan tegas dijawabnya tidak ada pungutan.

Baca JugaPatroli Hunting, Satlantas Polres Muaro Jambi Tertibkan Kendaraan Tak Milik Nopol

“Tidak ada pungutan apapun bentuknya, jika masyarakat ingin memeriksa kesehatan hewan qurbannya silahkan datang ke Puskeswan terdekat, karena itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami, apalagi ditengah kondisi pendemi Covid-19 sekarang ini,”tutup Casdari. (yan)

Pos terkait