Ada Calon Jemaah Haji Berusia 118 Tahun, PPIH Sebut Kondisinya Sehat

Terkait anggaran haji untuk ikn
Ilustrasi. Foto : Istimewa

JAKARTA, Jambiseru.com – Pada keberangkatan haji tahun ini, ada calon jemaah haji yang berusia 118 tahun. Meskipun berusia sangat tua, namun Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sebut kondisinya cukup sehat dan siap berangkat.

Diketahui, calon jemaah haji tertua tersebut berasal dari Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Pada saat mendaftar haji, dirinya dulu sudah berusia 105 tahun.

Dikatakan Fasilitator Bimtek Petugas PPIH 2023, Haryanto, pihaknya mengetahui adanya calon jemaah haji tertua tersebut, setelah melihat update data dari Siskohat.

Bacaan Lainnya

“Jemaah calon haji tertua 118 tahun. Sudah dilakukan pemeriksaan dan kondisinya tidak ada masalah, jadi kemungkinan besar berangkat,” kata Haryanto, dalam materi gladi Daerah Kerja (Daker) Bandara di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (15/4/2023).

Haryanto menjelaskan fokus persiapan Daker Bandara tahun 2023 adalah memberikan pelayanan terbaik kepada calon haji asal Indonesia. Dengan kuota normal serta jumlah lansia mencapai 30 persen membuat PPIH harus bisa melayani dengan baik.

“Ini membuat kita harus memberikan pelayanan khusus kepada jemaah lansia,” ujarnya.

Simulasi ini diharapkan memberikan gambaran kepada petugas, terutama yang belum berhaji, terkait tugas yang harus dilakukan. Dalam simulasi digambarkan kondisi jemaah saat mendarat dengan kemungkinan problem yang muncul, seperti terpisah dari keluarga, jemaah pingsan, kelelahan, tertukar barang, sampai meninggal.

Tahun ini, ada 221.000 jemaah yang berangkat. Dari jumlah tersebut terdiri atas 67.000 lansia. Mereka secara bertahap terbang ke Arab Saudi mulai 24 Mei 2023.

Sementara itu ada 1.234 orang PPIH yang tengah menjalani Bimtek mulai 7 hingga 16 April 203. Para petugas akan berangkat mulai 20 Mei untuk Daker Bandara dan Daker Madinah. (tra)

Sumber : iNews.id

Pos terkait