Ini Panglima TNI yang Baru: Laksamana TNI Yudo Margono

Panglima TNI yang baru Laksamana TNI Yudo Margono.
Panglima TNI yang baru Laksamana TNI Yudo Margono.

Jambi Seru – Panglima TNI yang baru menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, telah ditetapkan DPR RI hari ini, Selasa (13/12/2022). Panglima TNI yang baru ialah Laksamana TNI Yudo Margono.

Laksamana TNI Yudo Margono ditetapkan setelah Rapat Paripurna Ke-12 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/12/2022).

DPR menyepakati Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI, menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang masuk masa pensiun.

Bacaan Lainnya

Penyempurnaan jabatan Panglima TNI ini tinggal mantni pelantikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Sebelumnya, sejumlah tahapan telah dilalui oleh Yudo untuk mencapai tingkat karier yang lebih tinggi itu. Mulai dari ditunjuk oleh Presiden sebagai calon tunggal Panglima TNI, menjalani uji kelayakan dan kepatutan di hadapan Komisi I DPR RI, hingga kediaman rumah dinasnya disambangi oleh Komisi I DPR RI dalam rangka verifikasi faktual.

Dilansir laman kantor berita Indonesia, ANTARA, Yudo berasal dari latar belakang keluarga sederhana dari Madiun, Jawa Timur.

Anak petani yang menjadi calon Panglima TNI merupakan kalimat yang banyak digunakan oleh media massa, untuk menggambarkan sisi menarik Yudo dan memperkenalkannya kepada para pembaca atau penonton.

Terkait dengan riwayat pendidikannya, pria kelahiran Madiun pada 26 November 1965 itu mengenyam pendidikan sekolah dasar hingga menengah atas di kota kelahirannya. Setelah itu, demi menggapai cita-cita menjadi seorang tentara, Yudo melanjutkan pendidikan di Akademi Angkatan Laut (AAL), Surabaya, Jawa Timur, hingga dinyatakan lulus pada tahun 1988.

Pos terkait