Bawaslu Temukan 77 Dugaan Pelanggaran Parpol: Langsung Diberikan Sanksi

Ilustrasi Pemilu
Foto: Ilustrasi Pemilu

“(Ada juga) satu laporan terkait dengan pendaftaran parpol oleh Panwaslih Aceh, Sedangkan satu laporan (lain) terkait dengan verifikasi faktual di Aceh masih dalam proses pemeriksaan oleh Panwaslih Aceh,” ujar dia lagi.

19 laporan telah masuk ke Bawaslu RI, dengan sembilan di antaranya sudah dihentikan dalam putusan sidang pendahuluan.

Sembilan laporan itu sudah melalui tahapan pemeriksaan dan dinyatakan tidak terbukti melakukan pelanggaran administrasi.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghimbau KPU supaya memastikan kesiapan baik sarana maupun prasarana logistik untuk penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Rencanakan dan lakukan pengadaan tepat jumlah dan tepat waktu. Jangan sampai ketidaksiapan menyebabkan keributan di lapangan,” kata Jokowi.

“Hal kecil kalau tidak detail bisa menjadi keributan di lapangan. Selain itu juga penting melakukan efisiensi dan transparansi,” katanya lagi.

Selain itu, Menko Polhukam Mahfud MD di kesempatan berbeda mewanti-wanti, agar para aparat penegak hukum berbenah diri menjelang Pemilu 2024.

“Kalau untuk pengamanan pemilu itu kira-kira tak ada konflik, tetapi kalau soal lain-lain, soal mafia, soal apa, saya kira harus kita akui aparat keamanan dan aparat penegak hukum kita ini harus dibenahi menjelang Pemilu 2024,” kata Mahfud MD.

Mahfud MD melanjutkan, baginya yang paling utama adalah membenahi persiapan konsolidasi aparat keamanan, aparat penegak hukum, serta pemerintah.

Ketiga pihak krusial dalam membuat instrumen hukum yang memadai jelang kontestasi politik di tahun 2024 tersebut.

Menurut Mahfud, pembenahan aparat keamanan dan penegak hukum akan berguna bukan hanya jelang tahun politik pada 2024, melainkan bagi dampak kinerja pemerintah jangka panjang. (tra)

Pos terkait