Antar Surat Panggilan ke Habib Rizieq, Penyidik Dihalangi Laskar

Habib Rizieq Terancam 6 Tahun Penjara
Habib Rizieq Shihab. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Untuk kedua kalinya, penyidik Polda Metro Jaya melayangkan surat panggilan kepada Habib Rizieq Shihab. Habib Rizieq dipanggil untuk diperiksa terkait kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. Namun saat antar surat panggilan ke Habib Rizieq, penyidik dihalangi laskar Front Pembela Islam (FPI).

Berdasarkan pantauan di Gang Paksi, Jl Petamburan III, Jakarta Pusat, Rabu (2/12/2020), penyidik datang sekitar pukul pukul 11.00 WIB. Penyidik Polda Metro Jaya yang datang untuk mengantarkan surat berjumlah Tiga orang. Kedatangan penyidik juga didampingi Kapolsek Tanah Abang, Kompol Singgih Hermawan.

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaCindy Clarista Disebut Mirip Gisel, Ikut Terseret Kasus Video Syur

Tiba di Petamburan, penyidik ternyata tidak bisa masuk ke rumah Habib Rizieq. Ini terjadi lantaran sejumlah personel laskar FPI membuat pagar betis. Mereka memblokade akses ke rumah Habib Rizieq.

Di hadapan laskar FPI, Kapolsek Tanah Abang, Kompol Singgih mengungkapkan, jika tujuannya ke rumah Habib Rizieq adalah hanya untuk mengantar surat panggilan. Sebelum kedatangan mereka untuk mengantarkan surat, menurut Kompol Singgih, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan pengacara FPI Aziz Yanuar.

“Kita tadi juga sudah koordinasi dengan Pak Aziz Yanuar, mau antar surat pemanggilan sama tim penyidik dari Polda,” ujar Singgih kepada laskar.

Tapi penjelasan Kompol Singgih, tak lantas membuat laskar FPI membuka jalan. Mereka tetap meminta pihak penyidik Polda Metro Jaya untuk menunggu terlebih dahulu.

“Tunggu dulu..tunggu,” ujar salah seorang laskar kepada polisi.

Tak putus asa, Kompol Singgih kemudian meminta kepada pihak laskar FPI agar bisa berkomunikasi dengan tokoh FPI. Ia minta bisa berbicara dengan tokoh yang memang dituakan oleh FPI.

“Yang dituakan mungkin, Pak,” imbuhnya.

Tak hanya Kapolsek Tanah Abang, salah seorang penyidik juga mencoba untuk berkomunikasi dengan laskar FPI yang mengadang mereka. Penyidik mencoba menjelaskan tujuannya mereka datang ke situ. Di mana kedatangan mereka hanyalah sekadar mengantarkan surat panggilan kepada Habib Rizieq.

Penjelasan penyidik itu lantas mendapat jawaban dari laskar FPI. Mereka kemudian meminta untuk mengambil foto surat panggilan tersebut saja. Akan tetapi pihak Laskar FPI menolak untuk menerima surat panggilan tersebut.

“Kita terima, tapi dengan foto, tapi kita tidak berhak menerimanya,” tutur seorang laskar.

Jawaban tersebut langsung membuat tampak penyidik bingung. Penyidik langsung bertanya kembali ke Laskar FPI.

“Terus ini suratnya (diserahkan) ke siapa?” tanya penyidik.

“Ini surat kemarin Habib kita undang, kemudian dari tim lawyer minta bantuan kami, ‘Nih, Bang Fadilah (penyidik), tolong minta waktu karena beliau tetep hadir, kita kabulkan nih, kita schedule-kan supaya formilnya dapet ya,” sambung penyidik.

Tapi lagi-lagi pihak laskar menjelaskan, jika apa yang dilakukannya ini, merupakan arahan dari pengacara mereka. Laskar tetap bersikukuh untuk hanya mengambil foto surat panggilan tersebut, dan menolak menerima surat panggilan dari pihak Penyidik Polda Metro Jaya.

“Arahan dari tim pengacara diterima tapi difoto, arahan dari pengacara,” tuturnya.

Meskipun sudah ditolak, pihak penyidik Polda Metro Jaya tetap bersikeras untuk mengantarkan surat panggilan Habib Rizieq Shihab kepada keluarganya. Pihak Laskar FPI juga tetap bersikukuh tidak mau membuka akses kepada penyidik.

“Ini cuma kita foto aja, Pak, simbolis,” ucap laskar lagi.

Hingga berita ini ditulis, penyidik polisi belum bisa masuk dan mengantarkan surat panggilan untuk Habib Rizieq. Polisi masih mencoba berdialog dengan laskar FPI, meminta agar diberi jalan.

Seperti diketahui, Habib Rizieq tidak memenuhi panggilan polisi untuk diperiksa di Polda Metro Jaya pada Selasa (1/12). Polisi kemudian menyiapkan panggilan kedua untuk Habib Rizieq.

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaPLN Bagi-bagi Token Listrik Gratis, Mau Tahu Cara Mendapatkannya?

“Kalau tidak ada malam ini (kemarin), kita layangkan lagi surat panggilan kedua terhadap MRS dan MHA,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (1/12/2020).

Untuk diketahui, tidak hanya Habib Rizieq saja yang dipanggil penyidik. Akan tetapi menantunya, Hanif Alatas, juga ditunggu oleh penyidik. Keduanya akan dipanggil kembali pada Kamis (3/12) jika hingga Selasa malam tak menghadiri pemeriksaan.

“Mudah-mudahan kita jadwalkan hari Kamis (3/12) nanti panggilan kedua untuk bisa yang bersangkutan hadir untuk memenuhi panggilan penyidik Krimum Polda Metro Jaya,” ungkap Yusri. (tra)

Sumber : Detik.com

Pos terkait