KPU Merangin: Calon Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Nihil

Ketua KPU Merangin Alber Trisman beserta anggota saat memberikan keterangan pers. Minggu (12/5/2024) malam.
Ketua KPU Merangin Alber Trisman beserta anggota saat memberikan keterangan pers. Minggu (12/5/2024) malam.

Jambiseru.com – Hingga akhir masa penyerahan berkas dokumen bakal pasangan calon perseorangan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merangin tidak ada menerima berkas calon Bupati dan Wakil Bupati Merangin.

Hal ini dikatakan Ketua KPU Merangin Alber Trisman, hingga batas akhir penyerahan berkas pasangan calon perseorangan Pilkada 12 Mei 2024, pihaknya belum menerima berkas.

“Hingga malam ini tidak ada. Artinya tidak ada calon perseorangan pada pemilihan Bupati Merangin tahun 2024 ini,”ungkap Alber. Minggu malam (12/5/2024).

Bacaan Lainnya

Alber menambahkan, pada masa tahapan penyerahan dokumen syarat dukungan calon perseorangan oleh bakal pasangan calon dari perseorangan atau independen pihaknya sudah mengumumkan jika pendaftaran dimulai sejak tanggal 8 Mei 2024 lalu dan ditutup hari ini Minggu 12 Mei 2024 Pukul 23.59 WIB.

“Kita sudah memberikan ruang kepada para calon yang ingin mendaftarkan diri lewat jalur perseorangan. Sampai detik akhir malam ini Jam 23.59 WIB, tidak ada satupun yang mengajukan berkas calon dari perseorangan itu,”ujar Alber.

Hal senada diungkapkan Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten Merangin Kenny Ave Sayuti, bahwa tahapan penyerahan dokumen syarat dukungan calon perseorangan untuk pilkada Kabupaten Merangin berakhir malam ini 12 Mei 2024.

“Artinya sejauh ini kami tidak menerima satupun calon yang ingin mendaftarkan diri lewat jalur Perseorangan,”sebut Kenny.

Untuk diketahui lanjut Kenny, syarat dukungan minimal calon perseorangan pada Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Merangin tahun 2024 ini dengan jumlah dukungan minimal 23.509 jiwa yang tersebar lebih dari 50 Persen dari 24 Kecamatan yang ada di Kabupaten Merangin.

“Jadi sebarannya untuk di Kabupaten Merangin harus mengantongi dukungan minimal 13 Kecamatan yang ada di Kabupaten Merangin,”pungkasnya.

Berdasarkan UU No 6 Tahun 2016 dan PKPU No 2 Tahun 2024 tentang tahapan, bukti dukungan harus disertai bermaterai Rp10.000 dan foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).(*)

Pos terkait