Jalur Tiga Bangko Jadi Jalan Nasional, Pemkab Merangin Serahkan Aset

jalur tiga bangko
Jalur tiga di kabupaten Merangin.Foto: Edo/Jambiseru.com

Jambiseru.com – Jalur tiga Bangko kini statusnya menjadi jalan nasional. Karena itu, Pemkab Merangin menyerahkan aset jalan tersebut ke Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN).

Ini diungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Merangin, Aspan, kepada Biru (Jambiseru), Jumat (5/2/2021).

“Setelah kita bahas dengan Bapedda, BPKAD dan sudah koordinasi dengan DPRD, keputusan yang diambil adalah menyerahkan pada Balai Jalan Nasional, sehingga lajur kiri dan kanan milik Nasional dan tidak lagi dibebankan pada APBD Merangin,” kata Aspan.

Bacaan Lainnya

Diterangkan, kepemilikan aset jalan jalur tiga Bangko ada dua pemilik. Untuk lajur tengah merupakan lajur Nasional, dan lajur kiri dan kanan adalah milik Pemerintah Daerah dibangun dengan APBD kabupaten.

Tetapi, kondisi ini membuat setiap kali pengusulan pemeliharaan peningkatan jalan nasional bermasalah akibat satu lokasi ada dua kepemilikan aset, keputusan itu diambil.

“Oleh karena itu Pemerintah Pusat menawarkan pada kita, jika pemerintah daerah siap memeliharanya maka lajur tengah (milik Nasional, red) akan diserahkan pada pemerintah daerah, sehingga aset jadi milik pemerintah daerah,” terang Aspan.

“Namun jika pemerintah daerah tidak siap untuk mengelolanya jalur kiri dan kanan yang sebelumnya milik Pemda, akan diserahkan kepada Balai Jalan Nasional, biar mereka yang mengelola,” imbuhnya.

Sementara, untuk lampu dan taman tetap milik daerah, karena balai tidak bisa menyediakan anggaran pemeliharaan.

“Nantinya kalau sudah dibangun nasional, yang sebelumnya tiga jalur akan manjadi dua jalur, dua jalur dengan enam lajur, tiga lajur kiri tiga lajur kanan. mudah mudahan ini akan berjalan lancar,” tandasnya.(edo)

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Anda Guru Honorer? Di Muaro Jambi Ada 1.031 Formasi P3K Tahun Ini

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Duniafilm21 – Lk21 Hingga Indoxx1, Situs Streaming Pembajak Film Keluarga Cemara

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Indonesia Masih Hadapi Resesi Akibat Ekonomi Minus 2,19 Persen

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Batanghari Sudah Melaksanakan PTM, Muarojambi Masih Menunggu Izin Pemkab

Pos terkait