Mantan Kabid Bina Marga PUPR Sarolangun Dipenjara Setahun 6 Bulan

Pasca sidang vonis Mantan Kabid Bina Marga PUPR Sarolangun Hadi Sarosa.
Pasca sidang vonis Mantan Kabid Bina Marga PUPR Sarolangun Hadi Sarosa. Foto: Doni Martius/Jambiseru.com

Jambi Seru – Mantan Kabid Bina Marga Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Sarolangun, Hadi Sarosa alias Ucok, divonis penjara setahun 6 bulan pada kasus ijazah palsu.

Vonis ini dibacakan majelis hakim Pengadilan Negeri Sarolangun, Kamis (19/5/2022). Hakim menilai terdakwa Hadi Sarosa terbukti melanggar pasal 62 ayat 2 dan ayat 3, UU nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional juncto pasal 65 ayat 1 KUHP.

“Menjatuhkan vonis 1 tahun 6 bulan kepada Hadi Sarosa karena terbukti mengunakan ijazah strata satu untuk tes CPNS di pemerintah Kabupaten Sarolangun pada tahun 2008,” kata Ketua Pengadilan Sarolangun, Deka Diana SH MH saat membaca putusan, Kamis (19/5).

Sebelumnya, dalam sidang pembuktian tersebut menghadirkan sebanyak 14 orang saksi. Termasuk dari pihak kampus. Dalam kesaksian itu, pihak kampus mengakui bahwa ijazah milik Hadi Sarosa palsu dan tidak terdaftar di kampus Institut Teknologi Padang.

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Rikson, mengatakan, vonis yang diberikan kepada Hadi Sarosa itu lebih ringan dibanding tuntutan jaksa sebelumnya, yakni, 2 tahun penjara denda Rp 100 juta.

“Kini majelis hakim pengadilan negeri Sarolangun memvonis Hadi Sarosa dengan satu tahun enam bulan dengan denda 100 juta rupiah dan resmi menjadi tahanan rutan. Sebelumnya menjadi tahanan kota selama proses persidangan,” kata Rikson.

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Pos terkait

banner pln