Ratusan OGDJ di RSJ Jambi Juga Disuntik Vaksin Covid-19

  • Whatsapp
Ratusan OGDJ di RSJ Jambi
Vaksin Covid-19. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang tengah dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Jambi turut disuntik vaksin Covid-19.

Kepala RSJ Provinsi Jambi, dr Firman mengatakan, pasien ODGJ yang disuntik vaksin sebanyak 113 orang.

Baca Juga : Ini Peserta Lelang Jabatan Sekda Muaro Jambi yang Lolos Administrasi

“Karena kita juga ingin melindungi mereka agar tak terpapar Covid-19,” kata Firman beberapa waktu lalu kepada media ini.

Dikatakan Firman, untuk para pasien ODGJ ini pun tidak ada syarat khusus untuk dilakukan vaksin.

“Asal kondisinya aman, sehat fisik dan tidak ada penyakit yang membahayakan, maka kita vaksin. Namun sebelumnya juga kita lakukan pemeriksaan dahulu kesehatannya,” sebut Firman.

Firman menyebutkan, sejak pandemi Covid-19 ini pun, terdapat penurunan pasien.

“Biasnya bisa sampai 200 orang. Kalau sekarang paling 100 orang,” ujarnya.

Firman menambahkan, untuk orang dengan gangguan jiwa di rumah sakit jiwa Provinsi Jambi tersebut sangat bervariasi. Ada yang masih anak-anak, remaja, dewasa serta lain sebagainya. Selanjutnya, kebanyakan mereka di rumah sakit jiwa tersebut disebabkan beberapa faktor.

“Ada yang gara-gara percintaan, tuntutan ilmu dan ekonomi. Tapai kalau remaja rata-rata karena faktor pecintaan,” imbuhnya.

Selain itu, Firman menyampaikan bahwa, sebelumnya juga ada sebanyak 14 pasien di rumah sakit jiwa Jambi terpapar Covid-19. Dan kini pasien itu telah dinyatakan sembuh.

“Pasien tersebut terpapar dari luar. Yang terpapar Covid-19 itu orang dengan gangguan jiwa kiriman dari dinas sosial,” tuturnya.