Jenazah Polisi Jambi Diberangkatkan ke Papua: Usai Tabrakan Truk Vs Mobil Polda Jambi

Jenazah Polisi Jambi Diberangkatkan ke Papua
Prosesi sebelum pemberangkatan jenazah ke kampung halaman.Foto: Uda/Jambiseru.com

Jambiseru.com – Jenazah siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jambi, Dines Yonas Trangen, yang meninggal akibat kecelakaan di Simpang IV Paal X depan Polsek Kota Baru, Kota Jambi, sekitar pukul 06.57 WIB, Selasa (7/12/2021), diberangkatkan ke Papua.

Siswa itu mengalami kecelakaan setelah mobil dinas bernopol XX VI 24428 berisikan siswa SPN, ditabrak mobil truk muatan kayu.

Bacaan Lainnya

Baca Juga : 1 Polisi Jambi Tewas: Tabrakan Mobil Pengangkut Siswa SPN Vs Truk

Dalam kecelakaan itu, satu siswa SPN meninggal dunia. Lalu puluhan siswa lainnya mengalami luka dan dua siswa lagi dirawat di ICU RS Bhayangkara Polda Jambi.

Siswa yang meninggal dunia itu bernama Denis Yonas Trangen. Ia siswa SPN Jambi asal Papua. Jenazah Denis pun langsung diberangkatkan ke Papua.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Rachmad Wibowo mengantar dan menyampaikan langsung belasungkawa atas meninggalnya siswa itu.

Didampingi Karo SDM, Kombes Pol Anton Soerjawo, dan Kepala SPN Jambi, Kombes Pol Noveriko Alfred Siregar, Kapolda Jambi langsung mengantar jenazah ke Papua.

Baca juga di jambiseru.com : Video Kecelakaan Truk Polisi Vs Truk Kayu di Kota Baru Jambi

Keberangkatan jenazah ini dijadwalkan berangkat pukul 14.45 WIB. Jenazah diberangkatkan mengunakan maskapai Lion Air dari Bandara Sulthan Thaha Jambi.

Sebelum diberangkatkan, terlebih dahulu dilakukan apel pelepasan jenazah yang dipimpin langsung oleh Wakapolda Jambi, Brigjen Pol Yudawan.

Usai dilakukan upacara pelepasan Jenazah, mewakili masyarakat Papua dan yang hadir turut memanjatkan doa sebelum di terbangkan agar dalam pemulangan jenazah berjalan lancar hingga sampai ke rumah duka.

Waka SPN Jambi, AKBP Suparman mengatakan, Kapolda Jambi, Karo SDM serta Kepala SPN dan ada juga siswa pendamping dari Papua ikut langsung mengantarkan jenazah ke Papua, tepatnya di Kota Timika.

“Ini dari Jambi menuju ke Jakarta dan dari Jakarta menuju Makassar, dan langsung ke Papua,” katanya kepada wartawan.

Sementara itu, Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo mengatakan, saat itu siswa tengah melakukan latihan kerja. Seharusnya hari ini, seluruh siswa mendapatkan arahan dari Kapolda Jambi.

Kronologi kejadian, seluruh siswa berjalan dari SPN Polda Jambi menggunakan dua kendaraan. Satu mobil truk dilengkapi dengan sirine dan lampu rotator menyala sedangkan satu lagi mobil bus yang mengikuti dari belakang.

“Menurut undang-undang mobil iringan ini tergolong mengangkut pasukan sehingga mendapatkan prioritas untuk melalui jalan. Namun, tiba-tiba dari arah simpang rimbo datang kendaraan truk pengangkut kayu kendaraan yang mengawal sudah melalui dan membunyikan sirine dan menyalakan rotator sudah lewat kendaraan yang dibelakang tertabrak sebelah kiri dibelakang sehingga menyebabkan kendaraan terguling,” ujar Kapolda.

Irjen Rachmad menjelaskan, jumlah yang berada di mobil bus sebanyak 23 orang beserta supir. Akibat kecelakaan tersebut, satu orang meninggal dunia dan lainnya mengalami luka-luka.

“Meninggal dunia atas nama Denis Yonas Trangen berasal dari Papua. Untuk yang meninggal dunia hari ini akan diberangkatkan kembali ke daerah asal, kalau diijinkan saya sendiri akan mengantar dan menyampaikan duka kepada keluarga,” ujarnya.

Ditambahkan, saat ini dua siswa dalam perawatan di ruang ICU RS Bhayangkara Jambi. Sedangkan sisanya, masih dalam observasi dokter.

Pos terkait