Ini Penyebab Harimau Sumatera yang Terkam Warga Merangin Tewas di TPS BKSDA Jambi

  • Whatsapp
Harimau Sumatera yang Terkam Warga Merangin
Harimau Sumatera yang terkam warga Merangin tertangkap. Foto: Jambiseru.com

Jambiseru.com – Penyebab Harimau Sumatera yang dirawat di Tempat Penampungan Satwa (TPS) BKSDA Jambi akhirnya terungkap. Pihak BKSDA menyebutkan, jika harimau tersebut tewas karena penyakit yang dialaminya.

Kepala Balai KSDA Jambi, Rahmad Saleh mengatakan, dari hasil pemeriksaan di laboratorium darah (Kimia dan Hematologi) menggambarkan bahwa Harimau tersebut mengalami anemia berat, dehidrasi yang sangat berat.

Baca Juga : Harimau Sumatera yang Ditangkap BKSDA Jambi Mati di Kandang TPS

Selanjutnya, dari hasil pemeriksaan nekropsi (bedah bangkai) menunjukan adanya beberapa perubahan yang signifikan pada organ harimau tersebut. Seperti membran mukosa yang pucat, mata yang sangat cekung, konjungtiva pucat, organ lambung hingga usus yang mengalami perlukaan. Lalu masa otot atau daging yang sangat tipis dan satwa mengalami patah tulang, sehingga menyulitkan satwa dalam berburu makanan atau mangsa.

“Dari gambaran perubahan baik dari pemeriksaan darah maupun gambaran perubahan organ secara nekropsi, maka disimpulkan sementara penyebab kematian Harimau Sumatera itu yakni Malnutrisi Kronis,” kata Rahmad Saleh, Rabu (3/11/2021).

Dikatakan Rahmad, untuk mengetahui secara pasti penyebab kematian Harimau ini, kata dia, sampel organ akan dikirimkan ke laboratorium Pusat Study Satwa Primata (PSSP).

Rahmad menyebutkan, Harimau Sumatera itu pada tanggal 2 November 2021 sekitar pukul 02.00 WIB dinihari saat melakukan pengecekan ulang terlihat hanya berbaring, lemas, respon kurang bahkan kepala masih diangkat namun diletakkan kembali.

“Pada pagi hari-nya saat pengecekan ulang kembali diketahui satwa telah mati,” ujarnya.

Pos terkait