Cegah Karhutla dengan Asap Digital, Polda Jambi Diberi Apresiasi Asdep Kemenko

  • Whatsapp
Foto: Yogi/Jambiseru.com
Foto: Yogi/Jambiseru.com

Cegah Karhutla dengan Asap Digital, Polda Jambi Diberi Apresiasi Asdep Kemenko

JAMBISERU.COM – Asisten Deputi (Asdep) Tanggap Cepat Bencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia, Iwan Eka Setiawan, mengapresiasi inovasi yang dibuat oleh Polda Jambi dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Bacaan Lainnya

Baca Juga : Al Haris Bersama Ketua MUI Islamkan SAD

Untuk diketahui, Polda Jambi melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus), telah membuat Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian Karhutla (Asap) Digital, untuk mengantisipasi Karhutla di Jambi. Aplikasi ini bekerja sama dengan Telkom Jambi dan juga dengan Aplikasi Lancang Kuning di Polda Riau.

“Ini yang sangat saya sangat apresiasi. Polri (Polda Jambi, red) punya aplikasi teknologi digital yang sangat murah. Ini sudah bukan pra bencana lagi, tapi sudah tanggap darurat yang cepat,” ujar Iwan usai menghadiri rapat koordinasi sinergitas peningkatan kesiapsiagaan penanggulangan bencana karhutla di Provinsi Jambi, Senin (6/7/2020).

Ditambahkannya, penerapan aplikasi ini juga sangat pintar, karena melibatkan pihak lain dan tidak mengganggu masyarakat.

“Pintarnya lagi, menggunakan tower Telkom. Saya tadi sempat berpikir ginama menarok towernya. Kan tidak mungkin mengganggu masyarakat,” tambahnya.

Iwan juga mengapresiasi dilibatkannya pihak perusahaan dalam penerapan aplikasi ini.

“Ini sangat bagus. Menurut saya, ini konsepnya yang mahal,” ucap Iwan.

Untuk penahanan Karhutla di Provinsi Jambi sendiri, Iwan mengaku sudah sangat bagus. Tinggal lagi implementasi di lapangan, siapa yang akan menjadi leading sektornya.

“Dishut sudah punya program. TNI sudah ada SDM nya. Polri ada aplikasinya. Tinggal lagi siapa yang akan menjadi keading sektornya,” tandasnya.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi, yang diwakili Direktur Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi Kombes Pol Edi Faryadi, juga menjadi narasumber.

Di hadapan peserta rapat koordinasi yang berasal dari BPBD kabupaten/kota, Dishut, dan pihak terkait lainnya, Edi memaparkan mengenai aplikasi Asap Digital.

Baca Juga : Fenomena Pohon Kelapa Mati Mendadak di Merangin, Berbagai Asumsi Warga Mencuat

Bahkan Edi sempat menunjukkan langsung pengoperasian aplikasi tersebut kepada seluruh peserta dan Asdep Kemenko PMK Iwan Eka Setiawan. (Yog)

Pos terkait