Caleg Gagal Siap Ditampung RS Jiwa Jambi

kabid pelayanan dan penunjang medik rumah sakit jiwa (rsj) provinsi jambi zakaria.
Kabid Pelayanan dan Penunjang Medik Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Jambi Zakaria. Foto : Ist

iJAMBI, Jambiseru.com – Calon legislator (Caleg) gagal pada Pemilu 2024, siap ditampung di RS Jiwa Prpvinsi Jambi.

Kabid Pelayanan dan Penunjang Medik Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Jambi, Zakaria mengatakan, pihaknya sudah siap menerima dan merawat pasien para calon legislatif (caleg) akibat mengalami gangguan jiwa usai pemilu 2024.

Meski begitu, pihak RSJ Provinsi Jambi tidak ada persiapan khusus berupa ruangan perawatan terhadap adanya pasien dari caleg yang mengalami gangguan jiwa.

Bacaan Lainnya

“Kalau khusus (ruangan) tidak ada persiapan, tapi kesiapan kita dari 5 tahun sebelumnya sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan kondisi kita mempunyai 15-17 ruangan yang ready dipergunakan untuk merawat pasien sakit jiwa ataupun caleg,” ungkapnya, Senin (11/12/2023).

Ditambahkannya, bahwa ada pula ruangan yang sudah di merger (digabung) kalau bisa dikhususkan. “Insya Allah bisa dikhususkan untuk korban pilkada ini. Insyaallah kita siap,” tuturnya.

“Dengan kondisi SDM (sumber daya manusia), sumber daya fasilitas kita siap. Fasilitasnya sangat lengkap, kita punya 5 spesialis jiwa, dua sarjana psikologis dan dokter umum kita punya. Insya Allah dari sumber daya manusia, sarana prasarana sudah sangat siap untuk itu,” tandas Zakaria.

Dirinya juga bersyukur, pihaknya pada pemilu lalu belum pernah merawat pasien gangguan jiwa dari para caleg.

“Selama ini, Alhamdulillah belum pernah merawat korban caleg, apakah memang ada atau tidak kita tidak tahu. Tapi selama 5 tahun sebelumnya, kita sudah melaksanakan persiapan-persiapan, juga pemeriksaan-pemeriksaan sebelum mereka mencalonkan,” katanya.

Menurutnya, ada ribuan pemeriksaan rohani yang dilakukan kepada para caleg sebagai salah satu syarat.

“Namun, setelah pasca pileg lalu dan sebelum ini belum pernah ada. Nihil Jambi, apakah di luar itu Wallahu a’lam,” tandas Zakaria.

Dirinya berharap, tidak menemukan adanya caleg yang stres akibat kalah dalam mengikuti pemilu saat ini. (ari)

Pos terkait