Asuransi Kendaraan: Pengertian dan 5 Tips Memilih

Asuransi Kendaraan
Asuransi Kendaraan

Jambiseru.com – Kendaraan sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki, terutama bagi mereka yang bertempat tinggal di kota-kota besar.

Read : Insurance Article

Menjadi sebuah kebutuhan dan juga kebanggaan, nyatanya juga meningkatkan pengguna kendaraan di Indonesia, terutama mobil.

Bacaan Lainnya

Karena itu, dengan tujuan untuk melindungi kendaraan, ada baiknya untuk memiliki asuransi kendaraan.

Selain untuk memberikan perlindungan saat tengah berkendara di jalan raya dengan asuransi mobil, sebagai pemilik kendaraan juga Anda harus mengetahui cara bayar pajak mobil online. Sebab, Anda harus membayar pajak mobil di setiap tahunnya.

Berbicara tentang asuransi, ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan nasabahnya. Salah satunya adalah dari asuransi Raksa.

Nah, buat Anda yang ingin mengetahui lebih lengkap pengertian asuransi kendaraan hingga panduan memilih produk yang tepat, mari simak lebih lanjut dalam artikel berikut.

Pengertian Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan bermotor merupakan salah satu produk asuransi yang akan menjamin kerugian atau kerusakan yang ada pada kendaraan yang dimiliki nasabah. Hal ini tentunya harus tetap dengan berdasarkan syarat dan ketentuan yang disepakati.

Umumnya, hal-hal yang ditanggung oleh asuransi kendaraan bermotor adalah kerusakan yang disebabkan oleh perbuatan jahat, terperosok, tabrakan, pencurian dan juga kebakaran.

Baca juga : Asuransi Kesehatan di Usia 20 Tahun di Amerika

Tips Memilih Asuransi Kendaraan

Dalam memilih insurance atau asuransi kendaraan terpercaya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Perusahaan Memiliki Reputasi Baik

Perusahaan asuransi kendaraan yang dapat dipercaya haruslah memiliki reputasi yang baik. Pastikanlah apakah perusahaan tersebut memiliki banyak keluhan dari nasabahnya atau tidak. Jika ya, kemungkinan perusahaan tersebut bukanlah pilihan terbaik Anda.

Bagi yang awam terhadap asuransi, mengetahui reputasi dari perusahaan asuransi kendaraan yang akan dipilih juga dapat sangat membantu.

Selain itu, perhatikan jugalah pelayanan serta produk yang ditawarkan, yang nantinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dari calon nasabah.

2. Jangan Terlalu Fokus Pada Harga Premi

Ada berbagai jenis asuransi yang akan ditawarkan oleh agen asuransi, mulai dengan premi yang paling murah hingga premi yang paling mahal.

Mungkin akan ada beberapa orang yang akan tergiur dengan premi yang murah, apalagi jika agen mampu untuk menunjukkan segala manfaat yang akan didapatkan dari asuransi kendaraan bermotor dengan premi murah tersebut.

Namun, sangat penting bagi nasabah untuk lebih fokus terhadap segala ketentuan yang ada di dalam polis, dibandingkan dengan premi yang ditawarkan.

Hal ini karena biasanya, ada beberapa pengecualian risiko yang nantinya akan membuat nasabah memperluas manfaat dengan biaya tambahan yang diminta.

Sehingga akhirnya, biaya yang akan dikeluarkan pun akan tetap terhitung mahal jika ingin mendapatkan perluasan manfaat.

3. Perusahaan Menawarkan Perluasan Perlindungan

Pilihlah perusahaan asuransi kendaraan yang memberikan penawaran perluasan perlindungan, agar manfaat yang didapatkan oleh nasabah lebih maksimal. Umumnya akan ada tambahan premi untuk memaksimalkan manfaat.

Namun, tetap perhatikanlah setiap ketentuan atau syarat yang berlaku, sehingga tidak ada detail yang terlewat, termasuk batas kompensasi yang akan diterima.

4. Memiliki Jaringan Bengkel yang Luas

Saat akan memilih asuransi kendaraan terpercaya, pastikan bahwa perusahaan asuransi tersebut memiliki jaringan bengkel yang luas.

Perhatikan juga, jika bengkel-bengkel tersebut telah memiliki lisensi, memiliki suku cadang dan standar perawatan yang tinggi, serta sesuai dengan jenis kendaraan nasabah.

Selain itu, perusahaan asuransi kendaraan yang memiliki jaringan bengkel yang luas juga akan memudahkan nasabah dan memberikan banyak pilihan untuk lokasi kendaraan akan diperbaiki.

Salah satu asuransi yang memiliki bengkel yang tersedia di seluruh Indonesia adalah asuransi raksa. Asuransi ini dapat sangat diandalkan oleh nasabah, ditambah lagi dengan pelayanannya yang tersedia 24 jam.

5. Akses Pelayanan yang Terbaik

Perusahaan asuransi kendaraan terpercaya dapat dilihat dari akses pelayanannya. Akses pelayanan ini merupakan faktor penting dan harus mudah untuk dihubungi atau diakses, terutama di keadaan darurat.

Namun, di keadaan-keadaan tertentu pun, perusahaan tetap harus memiliki pelayanan terbaik, termasuk ketika nasabah ingin mengetahui cara membayar pajak mobil secara online.

Untuk memudahkan calon nasabah yang sedang mencari asuransi kendaraan, akan lebih baik

jika memilih perusahaan asuransi kendaraan bermotor yang memiliki call center 24 jam.

Sehingga, saat dibutuhkannya informasi, nasabah dapat dengan mudah menghubungi perusahaan asuransi tersebut.

Memilih perusahaan asuransi memanglah bukan perkara sepele, dan tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Bagi calon nasabah yang belum memiliki niat untuk menggunakan asuransi kendaraan bermotor, ingatlah bahwa asuransi membantu nasabah untuk melindungi kendaraan dari berbagai kerugian dan kerusakan.

Banyaknya perusahaan yang menawarkan asuransi kendaraan juga membuat calon nasabah untuk lebih teliti lagi dalam memilih. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan segala ketentuan, batasan, dan syarat-syarat yang ditawarkan. (nas)

Asuransi Kendaraan: Pengertian dan 5 Tips Memilih

Baca juga: Asuransi di Indonesia

Pos terkait

banner pln