Apa yang Terjadi ketika Merebus Telur Terlalu Lama?

Ilustrasi; Merebus telur terlalu lama ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan. (sumber: Shutterstock)
Ilustrasi; Merebus telur terlalu lama ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan. (sumber: Shutterstock)

JAMBISERU.COM – Berapa kali Anda membiarkan telur mendidih terlalu lama? Sebaiknya Anda mulai menghentikannya karena hal ini ternyata bisa membahayakan kesehatan.

BACA JUGA : Bertemu Jokowi, Prabowo Sempat Berikan Hormat ala Militer

Jika diperhatikan telur yang terlalu matang akan memiliki lapisan hijau di luar kuning telur, ini sebenarnya tak boleh dimakan, mengapa demikian?

Bacaan Lainnya

Dilansir dari timesofindia, Hidrogen sulfida berasal dari putih telur dan protein dalam putih telur mengandung belerang yang bergabung dalam hidrogen dapat membentuk gas mematikan. Saat kulit terluar telur semakin panas, gas akan menuju ke kuning telur.

Sementara kuning telur mengandung zat besi dan saat bertemu dengan gas hidrogen sulfida, akan membentuk besi sulfida. Hal ini yang menyebabkan kuning telur memiliki lapisan hijau.

Jadi, semakin lama Anda merebus telur semakin banyak sulfida yang dihasilkan dan semakin tebal lapisan hijau pada kuning telur.

Karena itu, Anda harus mengganti air rebusan telur segera setelah matang untuk mendinginkan telur dengan cepat.

BACA JUGA : Foto Bersejarah! Jokowi – Prabowo Akhirnya Bertemu, Berpelukan dan Tertawa

Meski belum ada korban yang dilaporkan akibat konsumsi telur rebus, tetapi lebih baik jangan memasak telur terlalu lama. Ini dikarenakan telur terlalu matang bisa beracun. Namun, yang terpenting Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini. (ndy)

Pos terkait