Program Unik Bupati Merangin : Pejabat Tidur di Dusun

Bupati Merangin
Bupati Merangin H Al Haris bersama Direktur Sindo dan Pemred Sindo. Foto: Dok/Humas

JAMBISERU.COM, Jakarta – Bupati Merangin, Al Haris memaparkan keberhasilan program Perjalanan Pejabat Tidur di Desa/Dusun (Pertisun) dalam Indonesia Visionary Leader Season 6 yang digelar SINDO Media di Gedung SINDO, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

BACA JUGA: DPP Tetapkan Sarmuji Jadi Plt Ketua DPD Golkar Jambi

Dia menjelaskan, program Pertisun dinilai sangat penting. Tidak hanya menampung aspirasi, Pertisun juga untuk mendekatkan diri para pejabat dengan masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Melalui program Pertisun ini, para pejabat bisa langsung mendengarkan aspirasi masyarakat dan mengetahui langsung kondisi yang terjadi,” ujarnya dilansir Sindonews.com.

Dengan demikian informasi yang diterimanya benar-benar fakta. “Bukan ABS (Asal Bapak Senang) saja. Kan banyak yang ABS. Nah di Pertisun inilah kita benar-benar tahu apa yang terjadi di lapangan,” tambahnya.

Melalui program tersebut, berbagai temuan dan aspirasi dari masyarakat perdesaan bisa diprogramkan dalam rencana pembangunan. Dengan demikian, apa saja yang akan dibangun nantinya tepat sasaran.

“Selain melayani masyarakat secara langsung, Bupati juga bisa mengetahui kondisi nyata mengenai pelayanan pemerintah di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Dia mengaku terus berupaya untuk mendekatkan diri dengan suku anak dalam. Tujuannya agar suku anak dalam tidak terlalu sering berpindah-pindah dan memiliki hunian tetap.

Al Haris juga akan engusahakan pembukaan lahan transmigrasi agar suku anak dalam memiliki rumah dan kebun.

BACA JUGA: Pelantikan Lima Kades Terpilih di Muaro Jambi Ditunda

“Permasalahannya suku anak dalam hidup berpindah-pindah. Tantangan kita untuk melakukan pendekatan sosialisasi yang lumayan ampuh sosialisasi dengan agama,” tuturnya. (*)

Pos terkait