Tilang Manual Diberlakukan Lagi, Karena Banyak Pengendara Nakal

Tilang manual
Seorang polisi saat melakukan penertiban di jalan. (pikiran-rakyat.com )

Jambi Seru – Polisi memutuskan tilang manual diberlakukan lagi. Kebijakan ini dilakukan, karena banyak pengendara nakal yang melanggar aturan lalu lintas. Pemberlakukan tilang manual ini mulai diterapkan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya.

Berdasarkan fenomena di jalan, banyak ditemukan pengendara nakal yang mengganti plat nomor polisi mereka, guna menghindari tilang elektronik.

Untuk menertibkan kenakalan tersebut, maka polisi memberlakukan tilang manual. Tilang manual ini akan dikenakan pada pengendara yang memalsukan plat nomor polisi.

Bacaan Lainnya

“Inilah tetap akan kita lakukan penindakan secara manual. Kita akan memeriksa, akan melihat nomornya. Kalau pelat nomor tidak ada, kita akan cek,” ujar Dirlantas Polda Metro Kombes Pol Latif Usman, seperti dikutip dari laman pikiran-rakyat.com (jaringan media indonesiadaily.co.id, partner jambiseru.com) dari artikel yang berjudul Tilang Manual Kembali Berlaku, Kenakalan Oknum Pengguna Jalan Jadi Pemicu.

Lebih jauh lagi, polisi tak segan menyita kendaraan pelanggar apabila ditemukan unsur pidana.

“Kalau ini ada unsur yang mendekati unsur pidana. Sehingga bakal kita lakukan penyitaan kendaraan yang tidak sesuai dengan itu,” tuturnya.

Pos terkait

banner pln