Diprediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan III Hanya Tumbuh 3,9 Persen

  • Whatsapp
Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Muaro Jambi
Foto istimewa. (Ist)

Jambiseru.com – Diprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Triwulan III tahun 2021, hanya mampu tumbuh 3,9 persen. Dengan begitu, jika dibandingkan dengan tahun lalu, maka angka pertumbuhannya jauh lebih kecil.

Baca juga : Gajah Sumatera Sakit Ditemukan Masuk Perkebunan Warga

Menurut Pakar ekonomi dari Bahana Sekuritas, Satria Sambijantoro, prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh 3,9 persen jika dibandingkan tahun 2020 lalu.

“Namun, kami memperkirakan pemulihan PDB yang kuat di masa mendatang, dengan konsumsi rumah tangga yang didukung oleh kenaikan harga komoditas dan panen beras yang melimpah diharapkan pada triwulan IV 2021,” tutur Satria, Kamis (28/10/2021).

Perkiraan ini menurutnya berkaitan dengan perilaku konsumsi dan investasi yang lemah di triwulan ketiga ini diimbangi ekspor yang kuat.

Kebangkitan varian Delta COVID-19 di Indonesia terjadi antara Juni dan September 2021, yang berarti sebagian besar ekonomi di triwulan III 2021 terpengaruh oleh penguncian.

Dengan demikian, Satria menjelaskan, konsumsi dan investasi hanya akan tumbuh sekitar tiga persen (yoy) pada triwulan III 2021, sehingga menurunkan angka PDB utama.

“Kelemahan ini kemungkinan diimbangi oleh kinerja yang lebih baik dalam perdagangan luar negeri bersih, dengan ekspor kemungkinan tumbuh di atas 35 persen (yoy) karena lonjakan harga komoditas telah memperbesar surplus perdagangan ke rekor tertinggi,” ungkapnya.

Sejumlah faktor juga mempengaruhi pandangannya ini, diantaranya, penguncian yang berkepanjangan di triwulan III 2021 dapat diterjemahkan menjadi permintaan terpendam untuk konsumsi rumah tangga di triwulan selanjutnya.

Pos terkait