Tol Jambi-Betung Ditargetkan Selesai Desember 2024, Edi Purwanto: ke Jakarta Tembus 7 Jam

img 20230717 wa0003
img 20230717 wa0003

JAMBI, Jambiseru.com – Pembangunan jalan Tol Jambi-Betung mulai digarap. Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menyatakan, jika pembangunan jalan tersebut akan selesai pada Desember 2024 nanti. Kalau jalan tersebut sudah selesai, maka akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Provinsi Jambi.

Dikatakan Edi Purwanto, jalan tersebut memberikan multiplier effect bagi perekonomian masyarakat. Karena dengan keberadaan jalan tol tersebut, akan memangkas waktu perjalanan dari Jambi menuju Betung, Sumatera Selatan. Termasuk nantinya jika sudah terhubung dengan Tol Sumatera yang tersambung hingga ke Jakarta.

“Kalau perhitungan dengan tol yang ada, dari Jambi ke Palembang kemudian Lampung, total sekitar 620 kilometer. Kalau kita asumsikan dengan Tol yang ada di Jawa maka memakan waktu sekitar waktu 6 hingga 7 jam untuk sampai ke Jakarta,” ujarnya, Senin (17/7/2023).

Bacaan Lainnya

 

Dengan efisiensi waktu tersebut, menurut politisi dari PDIP itu, akan memberikan efek yang luar biasa bagi perekonomian. Proses pendistribusian barang, baik itu bahan makanan atau pun bahan baku lainnya akan lebih cepat dari saat ini.

“Selain itu, hasil perkebunan dan bumi lainnya bisa dibawa dengan waktu yang tidak begitu lama sehingga akses pendistribusiannya lebih luas,” ungkapnya.

 

Sementara itu, untuk tetap memberdayakan pedagang yang lokal yang berjualan di beberapa titik jalan, Edi Purwanto akan mencoba memberikan peluang usaha bagi mereka untuk berjualan di rest area jalan tol. Sehingga keberadaan jalan tol tidak mematikan usaha mereka.

“Nanti akan kita diskusikan dengan managemen tol, untuk bagaimana rest area ini menjadi spot untuk masyarakat berjualan, baik dari sisi makanan maupun lainnya yang berjualan itu masyarakat lokal. Ini coba nanti kita diskusikan,” terangnya. (tra)

Pos terkait