Zulkifli Hasan Tarik Pernyataannya : Sebut Penundaan Pemilu Tak Akan Terwujud

Konsolidasi Terkait PSU Pilgub Jambi
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas). (Ist)

Jambi Seru – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan menarik kembali pernyataannya terkait penundaan pemilu. Ia menyebutkan, jika penundaan pemilu tak akan terwujud.

Zulkifli Hasan mengungkapkan, wacana penundaan pemilu tidak akan terealisasi. Ia juga mengatakan, pernyataan tersebut hanya statemen politik.

“Dalam politik biasa saja, itu namanya komunikasi politik, tapi dalam realisasi pilpres ada peraturan dalam UUD, jadi itu tidak ada dan nggak mungkin,” kata Zulkifli Hasan, seperti dikutip dari Suara.com (media partner jambiseru.com), Rabu (13/4/2022).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Zulkifli Hasan mengatakan masyarakat tidak perlu meributkan soal wacana penundaan pemilu 2024.

Sebab ia mengungkapkan perpanjangan masa jabatan presiden dan penundaan pemilu tidak mungkin terwujud.

“Jadi kalau kita ribut masalah tiga periode, itu barangnya tidak ada. Tapi kalau mau ramai-ramai di Jakarta atau di sini, ya boleh boleh aja,” ujarnya.

Kemudian, Zulhas mengatakan pihaknya tak bisa menolak atau mendukung wacana penundaan pemilu.

Menurutnya hal tersebut dikarenakan tidak ada konstitusi yang mengaturnya.

Zulhas menyebut perpanjangan masa jabatan boleh saja dilakukan apabila ada konstitusi yang sudah diubah.

Namun saat ini, mustahil terujud karena setiap partai memiliki calon masing-masing untuk Pilpres 2024.

“Saya mantan ketua MPR tidak sembarang saya berbicara. Lagipula, PDIP punya capres, Golkar punya capres, semua punya capres, yang belum punya capres saya aja, PAN,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyampaikan setuju dengan usulan Pemilu 2024 diundur atau ditunda. Menariknya, masalah global seperti konflik Rusia dengan Ukraina dijadikan alasan oleh politikus yang akrab disapa Zulhas tersebut.

“Kami memutuskan setuju Pemilu diundur,” kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (25/2/2022).

Zulhas menyampaikan lima alasan yang membuat dirinya setuju jika Pemilu 2024 ditunda. Salah satu alasan perkembangan masalah global. (tra)

Sumber : suara.com (media partner jambiseru.com)

Pos terkait