Dinas LH Merangin Akan Dirikan Bank Sampah

Dinas LH Merangin
Kepala Dinas LH Kabupaten Merangin, Syafrani. Foto : Edo Guntara/Jambiseru.com

MERANGIN, Jambiseru.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Merangin tahun ini akan mendirikan bank sampah. Pembangunan bank sampah ini dilakukan untuk melakukan pembinaan pada para pemulung yang ada di Kabupaten Merangin dalam mengolah sampah.

Diungkapkan Kepala Dinas LH Kabupaten Merangin, Syafrani, keberadaan pemulung di Kabupaten Merangin sangat membantu pemerintah. Pasalnya, para pemulung ini ikut memilah sampah yang ada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Langling.

“Beban TPA menjadi ringan, karena ada beberapa jenis plastik yang akhirnya diambil, sehingga mengurangi jumlah sampah yang diletakan di sana,” kata Syafrani, Kamis (9/2/2023).

Untuk ke depannya, Syafrani menyatakan jika pihaknya akan melakukan pembinaan terhadap pemulung, untuk dijadikan duta pengurangan sampah.

“Terlebih, rekan-rekan pemulung itu mencari rezeki dari tempat itu, bisa untuk biaya hidup hingga menyekolahkan anak,”ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga bisa melakukan bantuan dalam peralatan atau perlengkapan pemulung dalam memilah sampah.

“Mereka akan terbantu juga nantinya, saat ini sedang dilakukan pendataan terhadap jumlah pemulung di TPA,”ungkapnya.

“Saat ini kami juga sedang berupaya mendirikan bank sampah, untuk dijadikan tempat menjual barang-barang yang dihasilkan pemulung, sehingga pendapatan pemulung dapat terjaga dan tidak dimainkan oleh pihak swasta,” pungkasnya.(edo)

Pos terkait