Erupsi Gunung Semeru : 1.979 Warga di Lumajang Diungsikan ke 11 Posko Darurat

Awan panas
Awan panas yang keluar dari puncak Gunung Semeru dan menutupi sejumlah desa di Kabupaten Lumajang. (dok)

Dari siaran pers tertulis yang didapat Pikiran-Rakyat.com, masyarakat yang dievakuasi sudah dipindah antara lain 266 jiwa di SDN 4 Supiturang, 217 jiwa di Balai Desa Oro-oro Ombo, 119 jiwa di SDN 2 Sumberurip, 228 jiwa di Balai Desa Sumberurip, dan 131 jiwa di Balai Desa Penanggal.

Kemudian 52 jiwa dipindah ke Pos Gunung Sawur, 216 jiwa di Balai Desa Pasirian, 150 jiwa di Lapangan Candipuro, 600 jiwa di Kantor Kecamatan Candipurom, serta sisanya di SMP N 2 Pronojiwo.

Di sisi lain, wilayah yang kena imbas APG Gunung Semeru antara lain Desa Capiturang dan Sumberurip di Kecamatan Pronojiwo, serta Desa Sumbersari di Kecamatan Rowokangkung.

Bacaan Lainnya

Lainnya ada Desa Penanggal dan Desa Sumberwuluh di Kecamatan Candipuro, juga Desa Pasirian di Desa Pasirian.

Hingga berita ini dibuat, belum ada laporan adanya korban jiwa yang jatuh dalam bencana alam ini.

Kini, tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Lumajang, Basarnas, TNI, Polri, relawan, dan lintas instansi terkait sudah dikirimkan ke lokasi erupsi.

Tim tersebut konsisten melakukan upaya penyelamatan, pencarian, dan evakuasi sambil berkejaran dengan waktu, mengingat susulan erupsi besar bisa kapan saja terjadi.

Selain evakuasi korban ke lokasi lebih aman, sebanyak 10.000 lembar masker kain, 10.000 lembar masker medis, dan 4.000 masker anak telah dibagikan.

Hal ini demi mengurangi dampak risiko kesehatan pernafasan akibat abu vulkanik yang kadung terhirup di sekitar masyarakat.

Sambil posko darurat pengungsian didirikan, dapur umum saat ini tengah dalam proses pembangunan, oleh PMI dan Dinas Sosial. (tra)

Pos terkait