Waspada! Ada Potensi Pergerakan Tanah di Jakarta: Ini 10 Kecamatan yang Bakal Terdampak

Pergerakan tanah
Foto :Ilustrasi pergerakan tanah di Jakarta.

Jambi Seru – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya potensi pergerakan tanah di Jakarta. Totalnya ada 10 kecamatan yang bakal terdampak, dengan skala sedang. Menyikapi hal itu, masyarakat diminta untuk waspada.

Menurut BMKG, potensi pergerakan tanah itu terjadi, beriringan dengan intensitas hujan dalam beberapa pekan yang cukup tinggi. Hal itu akan berpengaruh pada permukaan tanah.

Prediksi tersebut diperoleh BMKG, dengan mengetahui dari tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan.

Bacaan Lainnya

Mengutip dari laman pikiran-rakyat.com (jaringan media indonesiadaily.co.id, partner jambiseru.com), dari artikel yang berjudul Hati-hati! Peringatan Dini Potensi Pergerakan Tanah di Jakarta, 10 Daerah Masuk Zona Menengah, untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau agar masyarakat tetap waspada guna menghindari hal yang tak diinginkan.

“Untuk itu, kepada Lurah, Camat, dan masyarakat diimbau untuk tetap mengantisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji.

Dilihat dari kondisi geografisnya, PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) melaporkan ada sekitar 10 kecamatan di Jakarta yang masuk zona menengah pergerakan tanah.

Baca Juga : Bongkar Kasus Maling Uang Rakyat Kapolres, Polisi Ini Mengaku Dimutasi

“Pada zona menengah, dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal. Terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau bila lereng mengalami gangguan,” tuturnya.

“Sementara pada zona tinggi, gerakan tanah lama dapat aktif kembali,” ucapnya.

Pos terkait

banner pln