Akan ada Car Free Day di Kuala Tungkal, Begini Persiapannya

Car Free Day di Kuala Tungkal
Rapat Koordinasi Forum lalu lintas angkutan jalan yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjabbar. Foto : Putra/Jambiseru.com

Jambi Seru – Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) berencana akan melaksanakan kegiatan Car Free Day atau hari bebas kendaraan. Kawasan Car Free Day akan dipusatkan di Alun-alun Kota Kuala Tungkal. Pada hari itu, seluruh kendaraan baik roda dua maupun roda empat dilarang untuk melintas.

Rencana tersebut saat ini tengah dibahas dalam Rapat Koordinasi Forum lalu lintas angkutan jalan yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjabbar. Rapat dibuka langsung oleh Wakil Bupati Tanjabbar, Hairan di Ruang Pola Utama Kantor Bupati, Senin (30/5/2022).

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Firdaus Khattab yang memimpin rapat mengatakan, bahwa rencana Car Free Day ini akan dipusatkan di Alun-Alun Kota Kuala Tungkal. Namun untuk waktu pelaksanaannya masih akan dibicarakan terlebih dahulu.

Bacaan Lainnya

“Waktunya akan dibicarakan dulu kapan akan dimulai, tapi kita berharap dalam beberapa minggu kedepan bisa di launching secara langsung oleh pak Bupati,” ujarnya.

Lebih lanjut ia katakan Car Free Day ini bertujuan agar masyarakat dapat beraktivitas kembali, olahraga pagi memanfaatkan waktu libur.

“Kedepannya kita berniat bukan hanya sekedar Car Free Day, tapi bagaimana menggerakan ekonomi masyarakat, salah satunya nanti setelah aktivitas olahraga mereka akan makan minum pedagang juga bisa berjualan terutama makanan khas daerah untuk sarapan pagi dan juga pedagang lain yang ingin berjualan baju olahraga, dan kuliner lain,” jelasnya.

Selain itu juga berharap komunitas lain seperti komunitas sepatu roda, sepeda, komunitas bonsai dan komunitas lain juga dapat beraktivitas sambil berkomuikasi secara umum dengan masyarakat.

“Kita minta tindak lanjut beberapa OPD sebagai koordinator untuk melaporkan dulu bagaimana kesiapan dari masing masing OPD untuk kita nanti tetapkan kapan kita akan launching Car Free Day ini,” tutupnya. (cr01)

Pos terkait