Kades Teluk Ketapang Jadi Tersangka Kasus Ijazah Palsu

Kasus ijazah palsu Kades Teluk Ketapang Tanjabbar
Kasus ijazah palsu Kades Teluk Ketapang Tanjabbar

TUNGKAL, Jambi Seru (Jambiseru.com) – Kades (Kepala Desa) Teluk Ketapang Kecamatan Senyerang Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Rika, jadi tersangka kasus ijazah palsu. Penetapan tersangka ini dilakukan Kepolisian Resor (Polres) Tanjabbar.

Untuk diketahui, Kades Teluk Ketapang, Rika, sebelumnya dilaporkan menggunakan ijazah palsu Paket B sebagai Calon Kepala Desa (Cakades) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2022 Tanjabbar.

Diduga, ijazah yang digunakan Rika tersebut tidak terdaftar sebagai lulusan di suatu Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), maupun pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjabbar.

Bacaan Lainnya

Berdasar Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP), Nomor: B/52/XI/2022/Reskrim yang didapat Jambiseru.com, tertuang pada poin nomor 2 huruf (d), bahwa pada tanggal (7/11/2022), Satreskrim Polres Tanjabbar telah melakukan gelar perkara tentang peralihan dan penetapan status Rika dari statusnya sebagai saksi menjadi tersangka.

Baca juga :

Ini Daftar 43 Kades Terpilih Pada Pilkades Serentak 2022 di Tanjabbar

Kades Baru Nalo Merangin Telah Salurkan BLT DD Tahap 1 dan 2

SP2HP itu didapat Jambiseru dari Fadli, pelapor atas kasus dugaan ijazah palsu Kades Teluk Ketapang, Rika.

“Seharusnya dia ditahan karena dia sudah ditetapkan tersangka, apalagi waktu pemanggilan dia selalu mangkir seolah kebal hukum. Apakah ini yang namanya keadilan,” ungkap Fadli, Selasa (22/11/2022).

Pos terkait

banner pln