8 Kasus Baru HIV AIDS Merangin – Jambi : 1 Meninggal

HIV AIDS
Ilustrasi. Foto : Istimewa

-

BACA BERITA SERU LAIN DI JAMBISERUCOM

Jambi Seru – Sebanyak delapan kasus baru Human Immunodeficiency Virus/ Acquired Immune Deficiency Sindrom ( HIV/ AIDS) terdapat pada tahun 2021 di Kabupaten Merangin.

Baca Juga :
Latih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Ngaku Belajar soal Islam

Sedangkan data yang dimiliki Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin, kasus HIV/AIDS hingga 2021 lalu tercatat lebih kurang sebanyak 69 kasus.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Merangin, drg. Sony Propesma melalui Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P), Haris Nurdin, pada Jumat (7/1/2022).

“Pelacakan kasus baru HIV/AIDS merupakan upaya untuk mengantisipasi dan mengendalikan penyakit menular langsung di Kabupaten Merangin. Ada 69 kasus sampai 2021 lalu. Diantaranya Delapan kasus baru ditemukan selama 2021,”katanya.

Disebutkan Haris, delapan kasus baru tersebut semuanya ditemukan di rumah Sakit Kolonel Abunjani Bangko, kasus ini ditemukan saat mereka berobat kemudian dilakukan scan dan terindikasi HIV.

“Ada juga beberapa orang dari kesadaran sendiri untuk ke rumah sakit. Kalau untuk di Puskesmas sampai akhir tahun tidak ada kita temukan,”sebutnya.

Baca Juga :
Mobil Truk Muatan Kayu Terbalik di Merangin: Jalan Bangko Kerinci Macet

Meski begitu, Kasus HIV/AIDS tahun 2021 menurun dari tahun 2020, pada tahun 2020 lalu sebanyak 18 kasus, sedangkan ditahun 2021 sebanyak 8 kasus.

“Yang meninggal dunia tahun 2020 sebanyak empat orang, kemudian 2021 satu orang ibu hamil meninggal dunia,” ujarnya.

Pos terkait