Soal Jalur Khusus Batu Bara, Gubernur Jambi Al Haris Buat Tiga Planning

Gubernur Jambi Al Haris Buat Tiga Planning
Gubernur Jambi, Al Haris. (Ist)

Jambiseru.com – Gubernur Jambi, Al Haris memimpin rapat pembahasan persoalan angkutan batu bara, Senin (13/12/2021). Rapat berlangsung di ruang Pola Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Usai memimpin rapat, Gubernur Jambi, Al Haris menyebutkan bahwa, persoalan batu bara di Provinsi Jambi ini telah dipikirkannya. Bahkan, Al Haris telah membuat tiga planning untuk jalur khusus angkutan batu bara tersebut.

Baca Juga : Sopir Truk Batu Bara Padati Kantor Gubernur Jambi, Ini Tuntutannya

Bacaan Lainnya

“Memang ini soal lama, sekarang gubernur nya baru. Kita mulai dari nol lagi. Cara-nya apa? Saya sudah bikin tiga planning,” kata Al Haris.

Al Haris mengatakan, untuk planning yang telah dibuatnya yakni, pertama ia masih mendorong dua pengusaha.

Baca Juga : Edi Purwanto : Sopir Batu Bara Jangan Mau Diadu Domba Pengusaha

“Satu pengusaha yang memang pure pada bisnis. Dan satu lagi pengusaha jalan usaha tambang miliknya sendiri. Kalau seandainya macet dua pengusaha ini, ada planning ketiga,” sebutnya.

Al Haris menambahkan, saat ini ia juga telah meminta Dinas PU mengkaji dan membuat perencanaan untuk dimulai dari nol.

Baca Juga : Al Haris Tegaskan Truk Batubara Hanya Boleh Muatan 8 Ton

“Saya akan meminta pola KPBU yaitu kerjasama pemerintah dengan badan usaha dimana nanti yang bangun jalan itu dari BUMN, Pemprov Jambi nanti ngutang dengan BUMN dan dicicil nanti tiap bulan sesuai dengan hitung-hitungannya,” ujarnya.

Dikatakan Al Haris, jika telah terbangun, maka jalan yang saat ini dilalui akan ditutup. Kata dia, nantinya truk batu bara akan diminta untuk melalui jalur khusus batu bara dengan sistem pembayaran retribusi.

(Regarding the Special Coal Line, Jambi Governor Al Haris Makes Three Planning)

Pos terkait