Antisipasi Karhutla, Polda Jambi Pasang CCTV di 30 Titik

  • Whatsapp
Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shatyabudi. Foto: Yogi/Jambiseru.com
Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shatyabudi. Foto: Yogi/Jambiseru.com

Antisipasi Karhutla, Polda Jambi Pasang CCTV di 30 Titik

JAMBISERU.COM – Dalam upaya mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Kepolisian daerah (Polda) Jambi terus melakukan gebrakan. Baru-baru ini, Polda Jambi mengandeng PT Telkom dan TNI serta pihak terkait lainnya, berencana memasang CCTV di 30 titik daerah rawan kebakaran.

Baca Juga : Satu Pasien Positif Corona di Jambi dari Cluster Palembang

Nantinya, gambar hasil tangkapan CCTV tersebut, akan langsung terkoneksi dengan aplikasi Asap Digital. Sehingga proses pemantauan kebakaran lahan di provinsi Jambi akan semakin mudah. Dengan begitu, upaya pencegahan juga akan bisa dilakukan dengan cepat.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Firman Shatyabudi, mengatakan, pihaknya rencananya akan memasang sebanyak 30 CCTV dengan prioritas di Kabupaten Tanjab Barat, Tanjab Timur, dan Muarojambi.

“Di mana sampai saat ini sudah ada tujuh CCTV yang terpasang dan sisanya segera menyusul hingga Agustus mendatang,” ujarnya, di ruang monitoring Asap Digital. Jumat (17/7/2020).

Kata Firman, CCTV asap digital ini akan terpantau selama 24 jam melalui command center di Polda Jambi. CCTV ini pun bisa memantau hingga radius empat kilometer atau untuk wilayah dengan luas 1.200 hektare.

Kemudian, lewat aplikasi ini keberadaan dari personel baik TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni maupun relawan lainnya juga bisa terpantau. Dengan demikian begitu ada potensi asap yang terpantau petugas di command center bisa langsung menghubungi personel terdekat.

“Nanti petugas di lapangan juga akan kita bantu dengan peralatan-pelatan yang memadai dan melalui satuan tugas (satgas) yang dibentuk pihaknya terus melakukan sosialisasi agar tidak ada lagi masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar,” terangnya.

Baca Juga : Lagi, Diduga Bandar Narkoba di Pangkalan Jambu Ditangkap

“Intinya kita memberdayakan potensi masyarakat dan jangan ada lagi yang membuka lahan dengan cara membakar,” terangnya lagi. (Yog)

Pos terkait

-------------------------

BACA CARA DAN TIPS DI SINI

-------------------------