Asteroid Seukuran Dua Kali Monas Diprediksi Tabrak Bumi

diprediksi tabrak bumi
Asteroid. (Ist)

Jambiseru.com – Benturan dahsyat bakal terjadi. Asteroid seukuran dua kali monas diprediksi tabrak bumi. Para peneliti masih terus mengawasi arah lintasan asteroid tersebut yang kian mendekati bumi.

Asteroid seukurang dua kali monas yang diprediksi tabrak bumi, bukan yang pertama terjadi. Bahkan ada jutaan kali asteroid masuk mencoba mendekati bumi dan masuk ke atmosfir kita. Hanya saja benda-benda tersebut biasanya terbakar dan meledak di udara sebelum berhasil mencapai tanah.

Bacaan Lainnya

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Opini Musri Nauli : Perjalanan Betuah (26)

Sementara asteroid seukurang dua kali monas ini, diprediksi tidak akan hancur. Menurut prediksi para ilmuan, adanya potensi asteroid raksasa menghantam Bumi diproyeksikan terjadi di masa depan. Menurut pengamatan mereka, memprediksi bakal ada asteroid seukuran dua kali Monas (Monumen Nasional) berpotensi menghantam Bumi pada tahun 2068.

Disebutkan, asteroid raksasa tersebut bernama Apophis. Saat ini posisinya terus mendekati bumi, namun diprediksi bakal lebih dekat dengan Bumi selama dalam beberapa dekade mendatang. Karena ukurannya yangsangat besar, asteroid ini berpotensi masuk ke lingkungan manusia pada tahun 2068. Dikatakan berukuran dua kali monas, karena berdasarkan perhitungan ukuran diameter Apophis lebih dari 300 meter. Sehingga diibaratkan dua tugu monas menyatu dan melayang jatuh di udara.

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : 5 Miras Tradisional Indonesia Terancam Punah Akibat RUU Minuman Beralkohol

“Percepatan ini muncul berdasarkan gaya yang sangat lemah pada suatu objek yang disebabkan radiasi termal yang tidak seragam,” papar peneliti di University of Hawaii Institute for Astronomy (IfA) dalam sebuah pernyataan sebagaimana dikutip CNET.

Potensi Menabrak Bumi

Akan tetapi ia menyebutkan, ada potensi Apophis bisa tidak menabrak bumi. Kemungkinan ini muncul karena bisa saja asteroid tersebut melenceng dari jalur lintas akibat efek sinar matahari.

“Sebelumnya, para ilmuwan tidak pernah mengira skenario dampak asteroid pada Bumi bisa terjadi di tahun 2068 nanti. Pengamatan baru menunjukkan bahwa asteroid tersebut menjauh dari orbit gravitasi, jaraknya sekitar 170 meter per tahun, ini cukup untuk menjaga skenario dampak tahun 2068,” ujar Deva Tholen, astronom IfA.

Diungkapkan para peneliti, jika Apophis pertama kali ditemukan pada tahun 2004 lalu. Seiring dengan banyaknya data yang telah dikumpulkan, para peneliti terus merevisi jalur lintas asteroid raksasa tersebut. Berdasarkan penelitian awal, Apophis diprediksi para peneliti bakal menghantam Bumi pada tahun 2036 nanti. Akan tetapi berdasarkan pengamatan terjadi perubahan, hingga akhirnya prediksi itu direvisi.

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Memasuki Musim Hujan, Kapolres Merangin Gelar Apel Siaga Bencana

Karena adanya percepatan laju, peneliti kemudian memprediksi asteroid tersebut bakal masuk ke Bumi pada tahun 2029. Tapi lagi-lagi prediksi itu kembali dikesampingkan. Peneliti kemudian menyebutkan bahwa pada 2029 Apophis masuk ke orbit bumi, sehingga Apophis bisa terlihat di langit Bumi dan bisa disaksikan dengan mata telanjang.

Fenomena 2029 ini diprediksi bisa membantu ilmuwan untuk mengetahui lintasan asteroid di masa depan.

Cara Memblokir Asteroid

Menyikapi bahaya benturan akibat Apophis menabrak bumi, para ilmuwan kemudian mencaari cara untuk memblokir asteroid supaya tidak mencapai daratan dan tak terjadi benturan. Dalam Misi DART NASA, misalnya, mereka berencana menggunakan metode menabrakan pesawat luar angkasa berukuran besar pada benda yang berpotensi menghantam Bumi.

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya :  Libur Akhir Tahun Bakal Ditiadakan Jika Penularan Covid-19 Meningkat

“Ketidakpastian tentang Apophis sedikit mengganggu, tetapi kamu sebaiknya tidak menuliskan kiamat di kalender. Para astronom akan mengetahui dengan baik sebelum tahun 2068 jika ada kemungkinan terjadinya dampak hantaman,” kata para peneliti dari Hawaii University.

Nama Apophis sendiri diambil dari nama Dewa Kekacauan (God of Chaos) pada masa Mesir Kuno. Diberi nama demikian, lantaran asteroid Apophis diduga bakal menciptakan kekacauan yang luar biasa bagi Bumi dan umat manusia, jika ia benar-benar akan menghantam planet kita.

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya :  Opini Musri Nauli Perjalanan Betuah (25)

Peneliti mengestimasi, kekuatan ledak asteroid Apophis ketika menghantam Bumi berkisar 800 juta bom TNT. Daya ledak tersebut 65.000 kali lebih besar ketimbang bom nuklir Hiroshima yang diledakkan AS di Hiroshima, Jepang, pada 1945.

Mirip Film Armageddon ( 1998 )

Melihat fenomena Asteroid raksasa ini, kita langsung terkenang dengan film barat aksi yang sempat fomenal di zamannya.

Ya, Armageddon Movie 1998.  Film dibintangi Bruce Willis sebagai Harry S. Stamper, Billy Bob Thornton sebagai Dan Truman, Ben Affleck sebagai A.J. Frost, Liv Tyler sebagai Grace Stamper, Will Patton sebagai Chick ini, menggambarkan bumi yang terancam kiamat. Ini diprediksi bakal terjadi jika asteroid raksasa itu menabrak planet bumi.

Film Armageddon 1998 ini bercerita ketika NASA menemukan asteroid seukuran Texas. Asteroid ini diprediksi berdampak pada Bumi dalam waktu kurang dari sebulan. Karena itu, NASA merekrut tim pengebor inti dalam untuk menyelamatkan planet ini.

Nasa yang kekurangan dana, melatih para pengebor terbaik dunia untuk pekerjaan itu, tatanan sosial dunia mulai runtuh ketika informasi mencapai publik dan hasil histeria. Saat pejabat tinggi memainkan politik dengan upaya tersebut, tim pengeboran semua menghadapi masalah pribadi yang mendalam yang dapat membahayakan kesempatan terakhir umat manusia ( lihat Imdb ).

Apakah bumi akan ditabrak asteroid raksasa ini seperti film Armageddon? Semoga saja tidak.(tra/berbagai sumber)

Sumber : kumparan.com

Ads

Pos terkait

---

Video Restoran Masakan Jepang Sushimaru - Kuliner Jambi Seru

Video Jalanan Kersik Tuo Kerinci - Journey Travel Jambi Seru

Ads

Konser BTS - Jambi Seru

Kecelakaan Hari Ini - Jambi Seru

Harga Emas Jambi - Bisnis Jambi Seru

Gubernur Jambi Al Haris Kunjungan - Berita Jambi Seru

Gubernur Cup - Bola Jambi Seru

Ulasan Film Layangan Putus - Jambi Seru

ads