Dikonsumsi Secara Tepat, Air Mineral Beri Manfaat Mengejutkan untuk Tubuh

0
Ilustrasi air mineral kemasan atau air minum kemasan. (Shutterstock)
Ilustrasi air mineral kemasan atau air minum kemasan. (Shutterstock)

JAMBISERU.COM – Iklan mengklaim air mineral sehat dan aman untuk dikonsumsi. Berasal dari mata air alami, air mineral disebut mengandung banyak mineral dan senyawa alami lainnya untuk meningkatkan kesehatan.

BACA JUGA : IHSG Masih Akan Betah Bergerak di Zona Hijau

Air mineral bisa mengandung bikarbonat, kalsium, klorida, fluorida, magnesium, natrium, dan sulfat. Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) memperkirakan bahwa setiap botol mungkin memiliki rata-rata kurang dari 250 bagian per juta dari total padatan terlarut dari sumber alami.

Karena tingginya jumlah mineral, para ahli percaya bahwa air mineral bisa memberikan sejumlah efek positif pada tubuh.

Selain menghidrasi tubuh, konsumsi air mineral dalam jumlah yang tepat secara teratur bisa bermanfaat untuk kesehatan, mulai dari jantung hingga tulang.

Dilansir dari medicaldaily, berikut manfaat air mineral yang perlu kamu ketahui.

1. Mencegah penyakit jantung

Salah satu efek mengejutkan air mineral adalah meningkatkan kesehatan jantung. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa minum 17 hingga 34 ons air mineral berkarbonasi per hari membantu mengurangi kadar kolesterol jahat pada wanita pascamenopause.

Para peserta juga dilaporkan memiliki kolesterol baik yang lebih tinggi di dalam tubuh mereka, yang melindungi mereka dari masalah jantung.

2. Menjaga tekanan darah

Para peneliti menemukan bahwa konsumsi air yang tinggi magnesium dan kalsium secara teratur bisa membantu mengurangi tingkat tekanan darah. Dalam sebuah penelitian disebutkan, minum 34 ons air mineral alami setiap hari membantu 70 orang dewasa mengelola tekanan darah tinggi.

3. Baik untuk kesehatan tulang

Air mineral juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena jumlah kalsium, bikarbonat, dan magnesium yang tinggi.

Kalsium bisa membantu tulang lebih kuat di semua tahap kehidupan, menurut Healthline. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa tubuh manusia bisa menyerap kalsium dari air mineral yang mirip dengan produk susu.

4. Meredakan sembelit

Magnesium dalam air mineral dapat membantu mencegah dan mengobati sembelit. Mineral bekerja dengan membiarkan air mengalir ke usus sehingga otot-otot usus akan mengendur. Pada akhirnya akan meningkatkan pergerakan usus.

Namun perlu dicatat, meski bermanfaat untuk tubuh, minum air mineral juga bisa berdampak negatif. Terutama berkaitan dengan air mineral yang mengandung natrium dan mikroplastik dalam jumlah besar dari botol.

BACA JUGAAlat Pengukur Tingkatan ISPU

Partikel-partikel plastik kecil ini telah ditemukan tinggal di dalam tubuh dalam waktu yang lama dan berkaitan dengan peradangan yang lebih tinggi. (ndy)

Loading Facebook Comments ...