Laos Dibantai Timnas Indonesia 1-5: Piala AFF 2020

Laos Dibantai Timnas Indonesia
Timnas Indonesia. (Ist)

Jambiseru.com – Timnas Laos “dibantai” Timnas Indonesia 1-5, pada laga grup B Piala AFF 2020. Kemenangan telak di Bishan Stadium, Singapura, Minggu (12/12/2021) ini membawa skuad Garuda memuncaki klasemen sementara Grup B.

Superioritas Timnas Indonesia sudah terlihat dengan mendominasi jalannya babak pertama. Akan tetapi, anak-anak asuhan Shin Tae-yong kerap membuang peluang yang didapat.

Baca Juga : Muktamar NU Diwarnai Saling Lapor Polisi

Bacaan Lainnya

Dilansir laman Suara.com (media partner Jambiseru.com), timnas Senior Indonesia membuka keunggulan setelah Laos membuat kesalahan pada menit ke-22, saat Kydavone Souvanny menjatuhkan Alfeandra Dewangga di kotak terlarang.

Semenit berselang, Asnawi Mangkualam yang bertugas sebagai eksekutor penalti menyepak bola dengan keras dan mengubah skor jadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Menit ke-34, Indonesia berhasil menggandakan skor. Crossing Asnawi dari sisi kanan berhasil dikonversi jadi gol oleh Irfan Jaya.

Bukan tanpa perlawanan, meski praktis hanya menunggu serangan balik sepanjang paruh pertama, Laos berhasil menebar ancaman melalui Billy Katkeophomphone, sang ujung tombak.

Billy mengirim operan ke Kydavonne Souvanny, dan Laos pun berhasil menipiskan ketertinggalan mereka melalui sepakan keras nama terakhir pada menit ke-40. Skor 2-1 bertahan sampai half-time.

Memasuki paruh kedua, pemain pengganti Witan Sulaeman sukses mencetak gol ketiga untuk Timnas Indonesia. Gol pemain Lechia Gdansk itu tercipta pada menit ke-56.

Witan bikin gol setelah muncul dari second line dengan menerima umpan cantik Irfan Jaya.

Irfan yang mengiring bola dengan cantik ke pertahanan Laos itu sukses mengumpan bola ke Witan yang datang tanpa pengawalan. Ia pun dengan mudah memasukkan bola ke gawang Laos.

Setelah unggul tiga gol, Shin Tae-yong lantas menurunkan Ezra Walian dan Fachruddin Aryanto untuk menggantikan Dedik Setiawan dan Rizky Ridho.

Ezra kemudian mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-77. Kerja sama Ricky Kambuaya dengan Witan diakhiri dengan umpan silang. Crossing tersebut berhasil disambut dengan sempurna oleh Ezra dengan tendangan keras.

Pesta gol Indonesia belum berakhir sampai di situ. Gol kelima untuk skuad Garuda lahir pada menit ke-84 lewat sang kapten, Evan Dimas.

Gelandang Bhayangkara FC berusia 26 tahun itu bisa lepas dari pengawalan bek Laos saat mendapat umpan dari Alfeandra Dewangga. Tanpa kesulitan berarti, Evan bisa menyelesaikan peluang tersebut menjadi gol.

Dengan kemenangan telak ini, Timnas Indonesia mantap memuncaki klasemen sementara Grup B dengan poin sempurna 6 dari dua pertandingan.

Poin dan selisih gol Indonesia sebenarnya sama dengan tim peringkat kedua Malaysia, yakni +6, namun Indonesia unggul dalam agresivitas gol sejauh ini (Indonesia mencetak 9 gol dari dua laga, sementara Malaysia 7).

Sementara itu di peringkat ketiga tabel klasemen ada juara bertahan turnamen yang juga kembali difavoritkan jadi kampiun tahun ini, yakni Vietnam.

Vietnam sendiri baru sekali bertanding di Grup B dan mengoleksi poin 3.

Partai super big match antara Vietnam kontra Malaysia akan dihelat malam ini pukul 19.30 WIB di Bishan Stadium.

Pos terkait