Erick Thohir Sebut Kondisi BUMN di Indonesia Membaik : Laba Capai Rp 61 Triliun

Erick Thohir Sebut Kondisi BUMN
Foto Istimewa. (Ist)

Jambiseru.com – Menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, kondisi BUMN di Indonesia saat ini mulai membaik. Kinerja BUMN juga sudah berubah dari sebelumnya.

Membaiknya kondisi BUMN itu, menurut Erick Thohir terlihat dari hasil laba konsolidasi yang naik cukup signifikan. Dari Rp13 triliun pada akhir tahun 2020, laba bersih konsolidasi hingga triwulan ketiga di tahun 2021 sudah mencapai Rp61 triliun.

Baca juga di Jambiseru.com – Jambi Seru :
Oknum Dosen Unsri Kirim Pesan Tak Senonoh ke Mahasiswinya

Bacaan Lainnya

Erick memprediksi menuju akhir tahun, laba konsolidasi yang dihasilkan lebih besar lagi.

“Meski kita semua terus berjuang menghadapi disrupsi akibat pandemi, kinerja positif kementerian BUMN tetap bisa ditingkatkan. Kinerja keuangan, operasional, dan tanggung jawab sosial yang dilakukan mencatat hasil terbaik,” ujar Erick, Kamis (30/12/2021).

Ketua pelaksana KPCPEN menambahkan peningkatan kinerja keuangan juga diikuti keberhasilan beberapa program utama yang menjadi tonggak agenda transformasi dan inovasi BUMN.

Antara lain, terbentuknya Bank Syariah Indonesia yang merupakan penggabungan tiga Bank Syariah milik Himbara yakni Syariah Mandiri, BRI Syariah, dan BNI Syariah.

Dengan terbentuknya BSI, untuk pertama kalinya Indonesia memiliki Bank Syariah yang besar. Dengan total aset sekitar Rp247 triliun, BSI menjadi bank nomor 7 terbesar di Indonesia sekaligus menjadi Bank Syariah berperingkat 11 di dunia.

Hal ini, kata dia, jelas memperkuat posisi Indonesia sebagai negara dengan jumlah umat muslim terbanyak di dunia.

Penggabungan lain, kata Erick, yang dilakukan di sektor ultra mikro melalui merger BRI, Pegadaian, dan PNM juga menunjukkan komitmen Kementerian BUMN dalam mendorong pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan daerah.

Dengan memberikan kemudahan akses permodalan untuk sektor UMKM dan Ultra Mikro diharapkan tulang punggung ekonomi Indonesia tersebut dapat naik kelas.

Pos terkait