Indonesia Berencana Tampung Pengungsi Rohingya yang Terapung di Laut

Indonesia Berencana Tampung Pengungsi
Foto Istimewa. (Ist)

Jambiseru.com – Dengan alasan kemanusiaan, Indonesia berencana tampung pengungsi Rohingya yang terapung di lautan. Meskipun menurut Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, Indonesia ikut serta dalam penandatanganan penampungan pengungsi.

Indonesia akan bantu menampung pengungsi Rohingya dan menempatkannya sementara di Aceh. Karena seperti diketahui, para pengungsi Rohingya tersebut saat ini terapung di lautan dekat Kabupaten Bireuen, Aceh.

Baca juga di Jambiseru.com – Jambi Seru :
Harga Mobil Honda Civic Type R : Tampilannya Lebih Menarik

Bacaan Lainnya

Mahfud mengatakan, ketidakikutsertaan Indonesia tersebut lantaran Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) sudah membentuk UNHCR untuk mengatur soal penampungan pengungsi.

“Tapi kan kita punya rasa kemanusiaan juga,” kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (30/12/2021).

Indonesia tidak mau diam begitu saja ketika melihat ratusan pengungsi Rohingya yang terapung dalam kapal dengan kondisi mesin mati.

Menurut Mahfud, ada pengungsi yang nekat masuk ke perairan bahkan ada yang kondisi kesehatannya tidak baik.

Karena kondisi tersebut, maka pemerintah Indonesia memutuskan untuk menyelamatkan pengungsi Rohingya tersebut.

Mahfud menjelaskan, pemerintah bakal membantu untuk menampung para pengungsi. Namun penampungan itu hanya bersifat sementara.

“Akhirnya kita tampung. Sementara tapi nampungnya.”

Sebelumnya, nelayan melihat kapal diduga membawa warga Rohingya berada di Perairan Kabupaten Bireuen, Aceh. Kapal itu terpantau masih berada di tengah lautan.

Hal tersebut dikatakan Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh Miftach Cut Adek, seperti dikutip dari suara.com (media partner jambiseru.com), Senin (27/12/2021).

Pos terkait