Kompor Listrik dan Solusi Tak Stabilnya Harga Minyak Gas

Kompor Listrik dan Solusi Tak Stabilnya
Kompor listrik atau kompor induksi (ilustrasi). (Ist)

-

BACA BERITA SERU LAIN DI JAMBISERUCOM

(Semacam) Opini: Monas Junior *

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah berkali-kali menggalakkan rencana konversi LPG (liquefied petroleum gas) ke kompor induksi atau kompor listrik.

Bacaan Lainnya

Well, ini rencana yang brilian. Rencana yang perlu dimatangkan dan segera direalisasikan.

Baca juga di Jambiseru.com – Jambi Seru :
Harga Beras di Mal Jamtos Jambi

Apa sebab? Karena hanya dengan begini rumah tangga terselamatkan dari ketidakstabilan harga minyak dan gas. Dan solusi bagi sebagian besar masalah ekonomi di Indonesia.

Jika dapur dalam satu rumah tangga stabil, maka urusan lain relatif akan stabil. Itu karena satu urusan telah selesai.

Baca juga di Jambiseru.com – Jambi Seru :
Daftar Harga Minyak Goreng Berbagai Merek di Mal Jamtos

Rumah tangga di Indonesia sudah berkal-kali mengalami perubahan sumber energi atau bahan bakar. Dimulai dari kayu, minyak tanah dan terakhir kompor gas atau LPG.

Sejak minyak tanah sampai LPG, persoalan-persoalan selalu menghantui ibu-ibu rumah tangga. Mulai dari ketersediaan LPG yang makin hari makin sulit, harga yang cenderung sering berubah-ubah sampai pengaturan untuk mendapatkan gas subsidi 3 kg yang makin rumit.

Baca juga di Jambiseru.com – Jambi Seru :
Pertamina Naikkan Harga LPG di Akhir Tahun

Emak-emak di manapun berada, dari generasi ke generasi di Indonesia, sudah pasti mengalami kesulitan mendapatkan bahan bakar di dapur. Mereka selalu berharap suatu hari nanti, akan ada solusi brilian yang memudahkan emak-emak di seluruh negeri ini.

Lalu datang Jokowi dengan idenya ingin mengkoversi LPG menjadi Kompor Listrik atau Kompor Induksi. Tiba-tiba publik tak menanggapi serius. Padahal… bukan memuji-muji lah ya, padahal ini ide yang luar biasa dan paling dinanti seluru rumah tangga di Indonesia.

Bayangkan, dengan kompor listrik, emak-emak hanya perlu listrik untuk memasak makanan apapun! Tak perlu lagi repot-repot ke agen LPG untuk mendapatkan gas. Tak perlu cemas LPG langka, tak perlu pusing harga LPG naik. Cukup memastikan listrik nyala, tinggal masak. Sesimpel itu. Tetapi efeknya luar biasa bermanfaat!

Kompor cover
Kompor cover

Karena itu, rencana ini harus segera dijalankan. Meski apapun rintangan yang menghadang di depan. Terutama penolakan keras yang ditenggarai bakal datang dari mafia-mafia migas.

Okelah sekarang belum banyak yang menerima konversi LPG ke kompor induksi listrik. Tetapi ini akan mulus sejalan waktu. Seperti konversi dari minyak tanah ke LPG.

Cuma, saat ini yang perlu dipikirkan itu adalah bagaimana menciptakan teknologi kompor induksi yang hemat listrik dan efesien. Serta harga kompor listrik yang murah tapi menghasilkan panas yang tinggi.

Termasuk, dukungan servis memadai di setiap daerah dalam negara Indonesia. Jika ini dirasa sudah bisa terpenuhi, well, mari kita sepakat beralih dari LPG ke kompor induksi listrik.

Kini, di aplikasi-aplikasi belanja online, sudah banyak yang menjual kompor listrik berbagai merek. Harganya juga variatif. Mulai ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

Tetapi rata-rata punya daya yang tinggi. Sehingga, diprediksi akan boros listrik. Sehingga menjadi tidak efesien jika dipakai setiap hari oleh setiap rumah tangga.

Baca juga : Semrush Ahrefs Moz Meroket: Alexa Tutup

Pos terkait

---

Video Restoran Masakan Jepang Sushimaru - Kuliner Jambi Seru

Video Jalanan Kersik Tuo Kerinci - Journey Travel Jambi Seru

Ads

Video Praktek Dokter - Health Jambi Seru

Konser BTS - Jambi Seru

Kecelakaan Hari Ini - Jambi Seru

Harga Emas Jambi - Bisnis Jambi Seru

Gubernur Jambi Al Haris Kunjungan - Berita Jambi Seru

Gubernur Cup - Bola Jambi Seru

Ulasan Film Layangan Putus - Jambi Seru