Perhatikan, Ini Kriteria Orang yang Tak Boleh Divaksin Sinovac

Orang yang Tak Boleh Divaksin
Petugas kesehatan melakukan simulasi suntik vaksin COVID-19. (Ist)

Jambiseru.com – Penyuntikan vaksin sinovac sebentar lagi akan dilakukan oleh pemerintah. Namun ternyata, tak semua orang bisa disuntikkan vaksin tersebut. Sebab ternyata ada kriteria orang yang tak boleh divaksin sinovac.

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaJack Ma Hilang Misterius, Ditahan Pemerintah China?

Salah satu orang yang tak bisa disuntik vaksin tersebut adalah Wakil Presiden, Ma’ruf Amin. Ia menjadi salah satu orang yang tak akan mengikuti kegiatan vaksin pada 13 Januari mendatang. Penyebabnya adalah karena faktor usia.

Bacaan Lainnya

“Karena Pak Wapres berusia di atas 60 tahun, jadi beliau tidak memungkinkan untuk divaksin dengan vaksin yang ada sekarang, yang Sinovac itu,” terang Masduki Juru bicara Wapres, Rabu (6/1/2021).

Untuk diketahui, berdasarkan keterangan resmi dari kementrian Kesehatan, dalam petunjuk tenin pelaksanaan vaksinasi, ada beberapa kriteria yang belum bisa menerima vaksin Sinovac. Beberapa diantaranya karena termasuk ibu hamil dan juga orang yang mengidap gejala ISPA dalam beberapa hari terakhir.

Ini kriteria orang yang tak boleh divaksin sinovac sesuai rekomendasi rekomendasi PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia), dikutip dari Juknis Kemenkes RI:

– Jika tekanan darah di atas 140/90 mmHg, vaksin Corona tidak diberikan.

– Jika pernah mengidap COVID-19, ibu hamil atau menyusui, mengidap gejala ISPA dalam tujuh hari terakhir, memiliki riwayat alergi berat, penyakit ginjal, reumatik, sakit saluran pencernaan kronis, vaksin Corona tidak diberikan.

– Bagi yang mengidap penyakit diabetes melitus DM tipe 2 terkontrol dan HbA1C di bawah 58 mmol/mol atau 7,5 persen, vaksinasi tidak diberikan.

– Lalu, apabila suhu badan penerima vaksin sedang demam (di atas 37,5 derajat Celcius) disarankan vaksinasi ditunda terlebih dahulu. Begitu pula dengan pasien yang pernag mengidap penyakit paru.

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaRekam Hubungan Intim dengan Pacar, MAS Dibui 3 Tahun

Selain kriteria di atas, vaksin Corona Sinovac bisa disuntikkan pada pasien dalam kondisi sehat. (tra)

Sumber : Detik.com

Pos terkait