Jack Ma Hilang Misterius, Ditahan Pemerintah China?

Jack Ma Hilang
CEO Alibaba Jack Ma. (Suara.com/Dian Kusumo Hapsari)

Jambiseru.com – Sudah dua bulan Jack Ma hilang bak ditelan bumi, hal itu kemudian menjadi obyek spekulasi para pengamat. Selama ini, bisa dibilang ia senang berbicara dan tampil di depan umum.

Kini, apakah ia ditahan oleh pemerintah China, sekadar diminta diam atau lainnya?

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaRekam Hubungan Intim dengan Pacar, MAS Dibui 3 Tahun

Telah cukup banyak pebisnis ditahan di China, termasuk beberapa nama terkenal karena dituduh berbuat kriminal. Tetapi sejauh ini, Jack Ma sepertinya masih dalam keadaan bebas.

“Tidak ada bukti bahwa Jack Ma telah ditahan dan mereka sungguh tidak punya alasan untuk menahannya,” ujar Jeffrey Halley, analis pasar di biro riset Oanda kepada Fortune, Rabu (6/1/2021).

Baca Juga : 10 Negara Termasuk China Ditetapkan Amerika Sebagai Pelanggar Kebebasan Beragama

Dia menilai saat ini, Jack Ma diminta bungkam dan tidak bersuara dulu di depan publik.

“Jack Ma mungkin sukarela memilih sangat low profile dulu sembari dia membiarkan orang-orang yang bekerja dengannya, bekerja dengan regulator untuk mencapai kesimpulan yang bisa diterima,” tambahnya.

Bagaimanapun, Jack Ma adalah sosok yang dinilai paling ikonik dan banyak membantu pemerintah China selama ini. Mungkin saja untuk sementara, dia diminta jangan banyak berbicara terlebih dahulu sampai masalah yang menimpa perusahaannya terselesaikan.

“Saya pikir Jack Ma diberitahu untuk diam dulu. Ini adalah situasi yang cukup unik, berhubungan dengan skala besar perusahaan Ant dan regulasi finansial yang sensitif,” kata Duncan Clark, teman dan konsultan Alibaba saat awal berdirinya.

Pendapat senada disampaikan oleh Martin Chorzhempa dari Peterson Institute for International Economics, bahwa Jack Ma tidak akan tampil dulu.

“Anda tidak ingin berada di pandangan publik ketika perusahaan Anda berada dalam situasi politik yang sangat kompleks,” kata dia.

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaAbu Bakar Ba’asyir Bakal Bebas, Polisi Akan Perketat Pengamanan

Ant Financial dan Alibaba, dua perusahaan yang didirikan Jack Ma, sedang diinvestigasi resmi oleh pemerintah China terkait kasus monopoli dan masalah lainnya. Jelas bahwa pemerintah China tidak ingin bisnis swasta semacam dua perusahaan itu menjadi tidak terkendali lagi. (esa)

Sumber : Detik.com

Pos terkait