Mendadak Menteri Luhut Binsar Diberhentikan Oleh Jokowi

  • Whatsapp
Menteri Luhut Binsar Diberhentikan
Luhut Binsar Pandjaitan. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi), mendadak melakukan perubahan posisi jabatan Menteri. Menteri Luhut Binsar diberhentikan oleh Jokowi. Ia diberhentikan dari jatabannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Ad Interim.

Padahal, posisi Menteri KP Ad Interim baru sepekan dipegang oleh Luhut Binsar Pandjaitan. Setelah Menteri Luhut Binsar diberhentikan, posisinya diganti oleh Syahrul Yasin Limpo.

Proses pergantian posisi ini dilakukan pada Rabu (2/12/2020). Syahrul Yasin Limpo juga sudah menjalankan tugasnya sebagai Ad Interim Menteri KP.

“Dengan hormat kami beritahukan bahwa bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo) untuk menggantikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim,” demikian surat yang diteken Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Rabu (2/12).

Alasan Menteri Luhut Binsar diberhentikan dari jabatannya sebagai Ad Interim Menteri KP, lantaran Luhut akan melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. Perjalanan dinas tersebut akan dilakukan Luhut pada 2-10 Desember 2020 ini.

Sebagai pemberitahuan kepada Presiden Jokowi, Menteri Luhut Binsar juga mengirimkan surat dengan nomor : B-3863/MARVES/MARITIM/RT.01.00/XI/2020 pada 22 November 2020, yang intinya memohon izin kepada Presiden Jokowi untuk melakukan perjalanan dinas.

Untuk diketahui, setelah ditunjuk sebagai Menteri KP Ad Interim, Menteri Luhut Binsar langsung tancap gas. Ia langsung menjalan beberapa tugas Menteri KP yang memang harus segera dikerjakan. Salah satu kegiatannya, ia langsung menggelar pertemuan dengan pejabat-pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kamis (26/11/2020) keesokan harinya setelah dia ditunjuk menggantikan Edhy Prabowo.

Pada hari berikutnya, Luhut Binsar juga langsung menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2021 untuk KKP sebesar Rp 6,65 triliun. Mendapat anggaran sebesar itu, Luhut langsung memerintahkan jajarannya di Kementrian KP, untuk tidak ragu dalam membelanjakan anggaran tersebut. Luhut juga menyatakan dirinya siap bertanggung jawab.

“Saya minta tidak boleh ada yang ragu dalam bekerja, karena kita bekerja untuk Republik. Sekarang saya yang bertanggung jawab di sini. Saya minta kalian kembali bekerja dengan baik, kalau ada masalah laporkan ke saya,” kata Luhut. (tra)

Sumber : Kumparan.com

Pos terkait