Dampak Fatal Akibat BAB Sambil Membawa Ponsel

Dampak Fatal Akibat BAB
Ilustrasi BAB Sambil Membawa Ponsel. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Sebagian orang kehidupan sehari-harinya tak bisa lepas dari ponsel. Hampir disetiap kegiatan, ia selalu membawa dan memainkan ponsel. Ternyata, ada dampak fatal akibat BAB sambil membawa ponsel. Ada penyakit yang timbul akibat aktivitas tersebut.

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya4 Langkah Untuk Menuju Hidup Sehat

Berdasarkan hasil penelitian, para dokter mengingatkan dampak fatal akibat BAB sambil membawa ponsel. Menurut ahli pencernaan di Sydney, Prof Chris Berney, tahu lalu ia melakukan operasi haemorrhoid thrombectomy pada wanita 23 tahun. Wanita tersebut divonis mengalami wasir parah.

“Pada pasien itu, saya tanya berapa lama menghabiskan waktu di toilet, dan saya langsung menyadari bahwa orang-orang ini akan menghabiskan 20 menit, 25 menit, setengah hingga sejam rata-rata,” katanya.

Menurutnya, saat seseorang berlama-lama jongkok di toilet, umumnya karena asyik main gadget. Saat terlalu lama jongkok, maka spinchter atau katup di dubur akan bekerja lebih keras. Akibatnya, penggumpalan darah bisa terjadi. Dampaknya, wasir atau haemorrhoid bisa terbentuk saat tekanan di area tersebut meningkat.

Prof Berney juga mengingatkan, bahwa wasir pada masa kini salah satu kemungkinan besar disebabkan oleh duduk terlalu lama di toilet. Peringatan akan bahaya fatal akibat BAB membawa ponsel ini ia sampaikan dalam tulisan di jurnal Australia New Zealand Surgery.

Mengutip sebuah studi di AS, Prof Berney juga menyebutkan, 9 dari 10 orang menggunakan ponselnya saat sedang berada di toilet. Pendapatnya itu diperkuat dengan adanya hasil sebuah penelitian lain di Turki. Dari penelitian tersebut, mengaitkan penggunaan ponsel di toilet dengan wasir.

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya5 Trik Untuk Tetap Tidur Nyenyak Walau Tengah Stress

Dari penelitian tersebut juga diketahui, jika di kalangan Generasi Z yang lahir antara tahun 1995-2010, diketahui 95 persennya tidak lupa membawa ponsel saat ke kamar mandi. (tra)

Sumber : Detik.com

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Pos terkait

hut rihut tanjabarbanner pln