Edhy Prabowo Tepis Kabar Tak Lagi Tenggelamkan Kapal

Edhy Prabowo Ditangkap KPK
Edhy Prabowo. Foto : Istimewa

Edhy Prabowo Tepis Kabar Tak Lagi Tenggelamkan Kapal

JAMBISERU.COM – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo tidak pernah menyatakan tidak ada lagi kebijakan penenggelaman kapal.

Melalui video yang diunggah oleh akun Twitter resmi Kementerian Kelautan dan Perikakan (@kkpgoid), Jumat (15/11/2019), Edhy menyebut tidak akan mengubah kebijakan yang baik dari menteri sebelumnya.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Heboh! Anak Kambing Tanpa Moncong, Pemilik Sebut Mirip Monyet

Video itu merupakan pernyataan Edhy Prabowo saat ditemui awak media setelah Apel Siaga PSDKP di Batam, Rabu (13/11/2019).

Akun @kkpgoid menulis, “Menteri Edhy Prabowo tidak pernah menyatakan ‘tidak ada lagi kebijakan penenggelaman kapal’. Mohon tidak menyebarluaskan pemberitaan yang salah sebelum tahu kebenarannya”.

Dalam video tersebut, Edhy mengatakan bahwa kebijakan penenggelaman kapal adalah terobosan yang baik dari Susi Pudjiastuti.

“Penenggelaman kapal itu terobosan yang dilakukan Menteri sebelumnya dan saya pikir itu bagus. Tapi menenggelamkan kapal saja kan tidak hanya sampai di situ mengelola laut, yang harus ada adalah setelah ini apa,” ucap Edhy dilansir Suara.com–media partner Jambiseru.com.

Selain menenggelamkan kapal, menurut Edhy, ada langkah lain yang harus dilakukannya sebagai menteri.

“Ada pembinaan, industrinya, industri perikanan kita seperti apa, penangkapan nelayan kita seperti apa, perizinannya seperti apa, ini harus kita perbaiki,” ujar Edhy.

Politikus Partai Gerindra ini mengaku tidak ragu jika kapal pencuri ikan yang ditangkap memang harus ditenggelamkan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menepis kabar tak lagi menenggelamkan kapal (twitter/@kkpgoid dan @Edhy_Prabowo)
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menepis kabar tak lagi menenggelamkan kapal (twitter/@kkpgoid dan @Edhy_Prabowo)

“Kalau memang harus kita tenggelamkan, tidak ada masalah kita tenggelamkan, tidak ada masalah. Jadi kita tidak akan pernah mengubah kebijakan-kebijakan yang baik sebelumnya,” kata Edhy dengan tegas.

“Tapi saya akan fokus sesuai perintah Presiden kepada saya membangun komunikasi dengan nelayan, memperbaiki izin-izin yang terlalu lama. Saya sudah berkomunikasi dengan Menteri Perhubungan dan sangat terbuka beliau untuk menyatukan sehingga waktunya izinnya tidak lama-lama lagi,” imbuhnya.

Dalam kesempatan lain, Edhy Prabowo juga pernah menegaskan akan tetap memerangi nelayan asing yang mencuri ikan di Indonesia.

BACA JUGA: Duel Daud Yordan vs Mokoena Dinyatakan Layak

“Saya tegaskan bahwa KKP akan perangi nelayan asing yang mencuri ikan di laut Indonesia. Tidak sejengkal pun saya biarkan mereka masuk ke laut kita,” tulis Edhy dalam akun Twitter pribadinya @Edhy_Prabowo pada Kamis (14/11/2019).

“Saya menindak tegas pelaku kejahatan Illegal, unreported, and unregulated (IUU) fishing. KKP akan selalu bersama nelayan Indonesia,” imbuhnya. (put)

Pos terkait