Iran Klaim Tangkap Pelaku Penembakan Pesawat Ukraina

  • Whatsapp
pesawat-boeing-milik-ukraina-737-jatuh-di-iran
Penampakan lokasi jatuhnya pesawat Boeing 737 milik Ukraina yang jatuh di Teheran, Iran, 8 Januari 2020. (Foto: AFP)

Iran Klaim Tangkap Pelaku Penembakan Pesawat Ukraina

JAMBISERU.COM – Otoritas Iran menyatakan telah menangkap sejumlah orang yang terlibat dalam insiden jatuhnya pesawat penumpang Ukraina pekan lalu.

Bacaan Lainnya

BACA JUGAZodiak Kesehatan 15 Januari 2020: Taurus Disarankan Yoga, Leo Coba Lari

“Mereka ditangkap atas peran mereka dalam kecelakan pesawat Ukraine International Airlines,” kata juru bicara Komisi Pengadilan Ghulam Hussein Ismaili, pada Selasa, seperti dilansir oleh Press TV sebagaimana dikutip kantor berita Anadolu.

Penahanan dilakukan setelah Presiden Iran Hassan Rouhani mendesak otoritas militer untuk membentuk pengadilan khusus yang diketuai oleh hakim senior dan mengadili mereka yang bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Sebanyak 82 warga Iran termasuk menjadi korban kecelakaan itu.

Iran mengakui pesawat itu “tak sengaja” tertembak jatuh oleh rudal yang ditujukan ke fasilitas militer Amerika Serikat di Irak.

Pesawat itu jatuh beberapa saat setelah Iran menembakkan puluhan rudal balistik ke pangkalan udara yang menampung pasukan AS dan koalisi.

Serangan itu merupakan respons Iran terhadap pembunuhan Jenderal Qasem Soleimani dalam serangan drone AS pada 3 Januari.

Sementara itu, dikutip dari VOA, Dalam pidato yang disiarkan televisi di Iran, Selasa (14/1), Presiden Hassan Rouhani mengemukakan, “Kehakiman harus membentuk sebuah pengadilan khusus dengan hakim terkemuka dan puluhan pakar. Ini bukanlah kasus biasa. Seluruh dunia akan menyaksikan pengadilan ini.”

Rouhani menyebut insiden tersebut suatu kesalahan ‘yang menyakitkan dan tidak termaafkan’ dan berjanji bahwa pemerintahannya akan menangani kasus ini ‘dengan segala cara.’

“Tanggung jawab jatuh tidak hanya pada satu orang saja,” Rouhani menambahkan mereka yang terbukti bersalah harus dihukum.

Tanpa merinci lebih lanjut, Rouhani mengemukakan “Ada yang lain juga, dan saya ingin masalah ini terungkap dengan jujur.”

BACA JUGAOknum Penghulu dan Wanita Penjual Ikan Ditangkap Mesum di Kebun Sawit

Rouhani juga menyebut pengakuan pemerintah bahwa pasukan Iran menembak jatuh pesawat itu sebagai “langkah baik pertama.” (put)

Pos terkait