Giliran Puncak Bogor Dihajar Banjir Bandang, 900 Jiwa Mengungsi

Puncak Bogor Dihajar Banjir
Puncak Bogor Dihajar Banjir. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Bencana alam terus saja terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Terbaru, giliran Puncak Bogor yang dihajar banjir bandang. Akibat bencana banjir yang terjadi pada Selasa (19/1/2021) tersebut, 900 jiwa mengungsi. Mereka diungsikan di tiga titik lokasi pengungsian.

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaUsai Bentrok Dengan Bea Cukai Anak Buah Haji Permata Kritis, Dirawat di Tungkal Hingga Jambi

Banjir bandang tersebut menerjang sejumlah Kawasan di Kampung Gunung Mas, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Sebanyak 7 bangunan dikabarkan rusak akibat terjangan banjir.

Menurut Kades Tugus Selatan, M EKo, total pengungsi dari desanya sebanyak 900 jiwa dari 400 lebih Kepala Keluarga (KK).

“Sementara warga diungsikan di tiga titik, antara lain di wisma Gunung Mas dan Kampung Rawa Belong,” katanya, saat ditemui di lokasi banjir bandang, Selasa (19/1/2021).

Dijelaskan Eko, bangunan yang rusak akibat banjir tersebut terdiri dari rumah dan warung milik warga di Kampung Gunung Mas. Lokasi bangunan tersebut berada tepat di pinggiran Sungai Cisampay.

“Bangunan sementara yang terdampak itu ada tujuh bangunan, warung yang terbawa arus, namun belum teridentifikasi milik siapa. Namun sementara ada tujuh bangunan yang rusak,” tutur Eko.

Dari pantauan dilapangan, masih terlihat lumpur menutupi sejumlah rumah warga di Kampung Gunung Mas, Desa

Tugu Selatan, Kabupaten Bogor. Lumpur yang membanjir rumah warga ini cukup tebal. Ketebalannya mulai dari 25 cm hingga ada yang menutupi betis orang dewasa.

Di sekitar rumah warga atau di pinggiran Sungai Cisampay terlihat batu dan pohon-pohon berserakan akibat terbawa banjir bandang. Beberapa pohon nampak tumbang dan menimpa rumah warga.

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaLagi Asyik Wik Wik, ASN Dinas PU Digerebek Istri dan Satpol PP

Sementara itu tim gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Tagana, dan relawan bencana Kabupaten Bogor berada di lokasi untuk membantu warga mengevakuasi barang-barangnya dari dalam rumah. Sebab tempat tinggal mereka tidak bisa ditempati lantaran masih terendam lumpur. Di lokasi pengungsian, ratusan warga di kumpulkan dalam satu bangunan semacam aula di wisma yang berada di kawasan wisata agro Gunung Mas. (tra)

Sumber : detik.com

Pos terkait