Kapal Karam, Tiga Nelayan di Tanjab Barat Berhasil Diselamatkan

kapal tekapal tenggelamnggelam
Kapal nelayan Kualatungkal yang tenggelam, seluruh ABK selamat. Foto : Istimewa

Kapal Karam, Tiga Nelayan di Tanjab Barat Berhasil Diselamatkan

Jambi Seru, Jambi – Kejadiaan nahas menimpa tiga orang nelayan di Kualatungkal. Mereka nyaris tenggelam, setelah kapal yang mereka bawa karam. Kejadian tersebut terjadi di perairan parit 10, Pangkal Babu, Kecamatan Tungkal Ilir.

BACA BERITA JAMBI LAINJadwal Film Bioskop Jamtos Jambi Hari Ini, Sabtu 8 Februari 2020

Bacaan Lainnya

Kaops Kantor SAR Jambi, Kornelis, mengatakan, di lihat dari GPS pada titik Koordinat S. 0°47’47.658, E.103°32’10,861 kapal tersebut tenggelam, dengan jarak 10,2 KM. Dengan estimasi waktu kurang lebih 15 menit dari Dermaga gudang Alo Tungkal.

“Nahkoda dan anak buah kapal (ABK) semua selamat dan berhasil dievakuasi. Kapal belum dievakuasi, Kemungkinan besok, Karena cuaca juga lagi dak bersahabat. Kemungkinan, keluarga korban besok yang menjemput,” kata Kornelis, Sabtu (8/2/2020).

Menurut Kornelis, tenggelamnya kapal Nelayan tersebut bermula, ketika pada hari Jumat itu, tiga orang nelayan hendak melaut menggunakan kapal Doa Ibu. Mereka berangkat sekira pukul 09.00 WIB, hendak menuju ke laut seputaran Muara Kuala, Sungai Pengabuan, tepatnya di depan alur Parit 10 Pangkal Babu.

“Saat sore hari angin kencang disertai ombak tinggi, sehingga Nahkoda memutuskan untuk berlindung di tepian, dalam perjalanan tiba-tiba lunas kapal lepas, karna baut tinggi putus, sehingga air masuk ke dalam kamar mesin,” ujarnya.

Setelah itu, Nakhoda memberikan informasi kepada kerabatnya Afrizal (37), lalu, Afrizal langsung melaporkannya ke Tim Basarnas pada pukul 20.20 WIB.

Kemudian Tim Basarnas melakukan kordinasi bersama BPBD, Jajaran Satpol Air Polres Tanjabbar, Jajaran Polsek KSKP.

“Tim melakukan penjemputan, pada pukul 20.50 WIB. Tim sampai ke lokasi pada pukul 21.10 WIB dan proses evakusi dilanjutkan sampai ke dermaga pukul 21.40 WIB,” tutupnya.

Sementara, Asrul, Komandan Tim Unit Siaga SAR, menyebutkan, dari laporan keluarga korban, Tim SAR dan yang lainya langsung menuju ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

BACA BERITA JAMBI LAINJadwal Film Bioskop WTC Jambi Hari Ini, Sabtu 8 Februari 2020

“Saat diketemukan, para Nelayan tersebut sedang mengapung di atas kapal KM Doa Ibu,” pugkasnya. (yog)

Pos terkait