Enam Provinsi Jadi Target BNPB untuk Pencegahan Karhutla, Salah Satunya Jambi

Karhutla
Petugas sedang melakukan pemadaman karhutla beberapa waktu lalu. (ANTARA)

Penerapan teknologi modifikasi cuaca yang dahulu dikenal sebagai teknologi hujan buatan merupakan bagian dari upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan cara pembasahan gambut. Metode itu efektif saat menangani kebakaran hutan dan lahan yang terjadi pada tahun 2020 lalu.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menegaskan bahwa pemerintah tidak akan memberikan ampun kepada perusahaan-perusahaan swasta yang menciptakan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.

Ketika ada titik api, pemerintah langsung memberikan peringatan kepada perusahaan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Cara-cara law enforcement seperti itu ternyata yang paling baik. Jadi, kalau terdeteksi kebakaran di lahan swasta pasti kena,” kata Menteri Siti.

Sebelumnya, BMKG menyatakan bencana kebakaran hutan diprediksi meningkat tahun ini yang berpotensi sama seperti kejadian pada tahun 2019 lalu.

Fenomena La Nina yang semakin melemah dan masuk netral menyebabkan curah hujan menurun, sehingga berpotensi menciptakan titik api di kawasan hutan dan lahan. Bahkan kondisi netral itu sangat dekat hampir berhimpit dengan kondisi El Nino lemah.

BMKG memprediksi bahwa curah hujan pada tahun ini mengalami penurunan bila dibandingkan curah hujan tahun lalu maupun tiga tahun lalu, meskipun saat ini masih puncak musim hujan. (tra)

Pos terkait